Langsung ke konten utama

TIGA TEKNOLOGI KONVERGEN

 


Penggunaan analitik pada objek

Internet untuk Segala (Internet of Things/IoT) memungkinkan objek-objek untuk dirasakan atau dikendalikan dari jarak jauh di seluruh infrastruktur jaringan yang ada. Dengan sendirinya hal ini menciptakan peluang menarik untuk integrasi langsung dunia fisik ke dalam sistem digital. Namun, ketika analitik diterapkan, Anda dapat mengoptimalkan aset-aset Anda secara cerdas untuk mengurangi biaya operasional, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi pengulangan tugas manusia.

Lingkungan fisik sekolah dapat secara aktif berkontribusi bagi pembelajaran ketika dilengkapi dengan sensor Internet untuk Segala yang menyesuaikan suara, kualitas udara dan cahaya yang menuruti preferensi belajar individu. Sebagai contoh, sistem pencahayaan IoT dapat mengoptimalkan dirinya sendiri untuk pola-pola penggunaan aktual, menunjukkan area mana saja yang sering dikunjungi, memanfaatkan cahaya alami dengan lebih baik, menghemat biaya energi, dan banyak lagi.

 

Tiga teknologi konvergen:

1. Pembelajaran mesin

2. Data

3. Pemrosesan awan

 

Prinsip utama Dr. Cavanaugh untuk keselamatan dan keamanan

Peralihan ke platform cerdas dengan analitik membutuhkan perencanaan yang jelas dan berbagai kebijakan berorientasi-pembelajaran yang baru. Ada tiga prinsip utama untuk memastikan hal ini dilakukan dengan cara yang aman dan terjaga:

1. Data harus dikaitkan dengan peserta didik melalui kredensial digital yang kuat

2. Alat data dan analitik harus dapat diakses di lingkugan data awan perusahaan yang aman, tidak terkunci dalam aplikasi dan platform eksklusif

3. Alat analitik harus menyertakan visualisasi yang dinamis, algortitma dan layanan gesit untuk data tidak terstruktur yang menafsirkan perkembangan kognitif dan non-kognitif peserta didik

 

Berikut ini adalah pilihan bacaan yang direkomendasikan dan studi kasus yang relevan untuk dijadikan titik awal yang berguna

 

Hattie, J. (2009). Teachers make a difference: what is the research evidence? Autralian Council for Educational Research

Huddleston, B. (2017). Digital Cocaine: a journey toward iBalance. Christian Art Press

Oviatt, S. (2012). Antarmuka Multimodal. Handbook of Human Computer Ingteraction, Lawrence Erlbaum

Cavanaugh, C. (2015). Pendidikan bauran jarak jauh secara online di sekolah-sekolah: Building successful programs. Stylus Publishing

Fullan, M. & Quinn, J. (2015). Coherence: The right dirivers in action for schools, districts, and systems. Corwin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me

KANVAS STRATEGI MERDEKA BELAJAR

Kanvas Strategi Merdeka Belajar Upaya merancang strategi pengajaran seringkali disimplifikasi sekedar mengisi format silabus atau RPP. Guru tidak dibekali cara berpikir desain yang menjadi dasar dalam mendesain strategi pengajaran apa pun. Padahal tugas membuat rancangan belajar adalah salah satu tugas yang paling menantang bagi guru. Terkesan abstrak, kompleks karena hubungan satu sama lain, dan tidak mudah diprediksi. Dengan tuntutan yang tinggi dan waktu terbatas, guru seringkali menduplikasi desain strategi pengajaran dari orang lain. Strategi pengajaran adalah perangkat utama bagi profesi guru. Kemampuan mendesain strategi pengajaran pada guru setara dengan kemampuan membuat resep atau intervensi pada dokter. Tanggung jawab profesi guru bermula dan terutama pada strategi pengajaran yang digunakan. Dalam kesempatan ini, Kampus Guru Cikal memperkenalkan sebuah alat bantu sederhana yang disebut sebagai Kanvas Strategi Merdeka Belajar. Kanvas ini bukan format silabus atau RPP

Download Buku K13 Semester 2 Revisi 2018

Buku Guru Kelas 6 Semester 2 https://goo.gl/nrHZWL Buku Guru Kelas 5 Semester 2 https://goo.gl/7AwsPS Buku Guru Kelas 4 Semester 2 https://goo.gl/DFKRZq Buku Guru Kelas 3 Semester 2 goo.gl/3BJa83 Buku Guru Kelas 2 Semester 2 goo.gl/VvhNCr Buku Guru Kelas 1 Semester 2 goo.gl/YuVReb Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 goo.gl/6HsFyr Buku Siswa Kelas 5 Semester 2 goo.gl/W2u3tc Buku Siswa Kelas 4 Semester 2 goo.gl/HYsvJi Buku Siswa Kelas 3 Semester 2 goo.gl/kwrd7g Buku Siswa Kelas 2 Semester 2 goo.gl/RtK1W6 Buku Siswa Kelas 1 Semester 2 goo.gl/d3fiFm