Penggunaan analitik pada objek
Internet untuk Segala (Internet of Things/IoT) memungkinkan objek-objek untuk dirasakan atau dikendalikan dari jarak jauh di seluruh infrastruktur jaringan yang ada. Dengan sendirinya hal ini menciptakan peluang menarik untuk integrasi langsung dunia fisik ke dalam sistem digital. Namun, ketika analitik diterapkan, Anda dapat mengoptimalkan aset-aset Anda secara cerdas untuk mengurangi biaya operasional, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi pengulangan tugas manusia.
Lingkungan fisik sekolah dapat secara aktif berkontribusi bagi pembelajaran ketika dilengkapi dengan sensor Internet untuk Segala yang menyesuaikan suara, kualitas udara dan cahaya yang menuruti preferensi belajar individu. Sebagai contoh, sistem pencahayaan IoT dapat mengoptimalkan dirinya sendiri untuk pola-pola penggunaan aktual, menunjukkan area mana saja yang sering dikunjungi, memanfaatkan cahaya alami dengan lebih baik, menghemat biaya energi, dan banyak lagi.
Tiga teknologi konvergen:
1. Pembelajaran mesin
2. Data
3. Pemrosesan awan
Prinsip utama Dr. Cavanaugh untuk keselamatan dan keamanan
Peralihan ke platform cerdas dengan analitik membutuhkan perencanaan yang jelas dan berbagai kebijakan berorientasi-pembelajaran yang baru. Ada tiga prinsip utama untuk memastikan hal ini dilakukan dengan cara yang aman dan terjaga:
1. Data harus dikaitkan dengan peserta didik melalui kredensial digital yang kuat
2. Alat data dan analitik harus dapat diakses di lingkugan data awan perusahaan yang aman, tidak terkunci dalam aplikasi dan platform eksklusif
3. Alat analitik harus menyertakan visualisasi yang dinamis, algortitma dan layanan gesit untuk data tidak terstruktur yang menafsirkan perkembangan kognitif dan non-kognitif peserta didik
Berikut ini adalah pilihan bacaan yang direkomendasikan dan studi kasus yang relevan untuk dijadikan titik awal yang berguna
Hattie, J. (2009). Teachers make a difference: what is the research evidence? Autralian Council for Educational Research
Huddleston, B. (2017). Digital Cocaine: a journey toward iBalance. Christian Art Press
Oviatt, S. (2012). Antarmuka Multimodal. Handbook of Human Computer Ingteraction, Lawrence Erlbaum
Cavanaugh, C. (2015). Pendidikan bauran jarak jauh secara online di sekolah-sekolah: Building successful programs. Stylus Publishing
Fullan, M. & Quinn, J. (2015). Coherence: The right dirivers in action for schools, districts, and systems. Corwin
Komentar
Posting Komentar