Sediakan pelatihan berdasarkan permintaan dan tepat waktu
Meskipun MOOC dapat berguna bagi pengembangan profesional, ada juga sejumlah kursus online baru yang menyajikan rekomendasi berdasarkan kemampuan dan minat pengajar untuk memberikan pengembangan profesional yang disesuaikan.
Microsoft telah bekerja bersama para mitra untuk mengembangkan model pembelajaran profesional baru, berdasarkan pada penelitian manajemen perubahan terbaik, psikologi gamifikasi terbaru, dan program penghargaan, pengakuan, dan insentif paling mutakhir yang tersedia.
Kerja sama ini telah melihat pengembangan situs-situs yang menyediakan cara sederhana bagi pengajar untuk mengembangkan keterampilan pengajaran dan teknologi, menyarankan kursus yang sesuai berdasarkan minat serta kemampuan seorang pengajar.
Banyak pihak menggunakan psikologi yang mirip dengan permainan Xbox, memberikan perpaduan insentif yang terbukti semisal penghargaan, poin, dan pencapaian mikro serta gamifikasi untuk membuat pembelajaran jadi lebih bermanfaat dan menarik. Beberapa pengajar menyukai “peringkat bagus”. Lainnya sekadar menyukai lencana. Juga banyak yang ingin mengumpulkan poin yang membawa manfaat materi, misalnya diundang menghadiri konferensi berikutnya, tempat parkir atau periode bebas pada kali berikut berikut ada guru bantuan di sekolah.
Situs-situ ini juga termasuk forum yang menciptakan komunitas untuk berbagi gagasan baru, dukungan dan praktik terbaik, serta cara-cara untuk melacak pengembangan profesional dan sertifikasi guna membangun portofolio.
Bagi sekolah, hal ini membuka pintu bagi pengembangan profesional yang hemat biaya, disesuaikan, dan terbaru bagi staf, mengurangi biaya pengembangan profesional, serta menawarkan alternatif yang jauh lebih fleksibel.
Mereka juga dapat memonitor pembelajaran dan kapasitas profesional pada seluruh staf dan mengenali, memberi insentif serta menghargai pola pikir pembelajaran seumur hidup pada pengajar.
Bagi pengajar, cara ini lebih fleksibel untuk mengatasi pengembangan profesional, yang dapat dicapai secara offline dan online dengan visibilitas ke pimpinan sekolah.
Berdayakan pengajar untuk mengembangkan pedagogi dan kurikulum baru
Dalam sebuah penelitian di Belanda yang menyelidiki alasan para pengajar mendapati diri mereka tidak dapat menggunakan alat-alat digital, hasilnya mengungkapkan tiga faktor yang berpengaruh. Dua yang pertama adalah kebutuhan akan dukungan teknis dan kepala sekolah dnegan sikap positif tetapi faktor yang paling penting adalah keyakinan dan keterampilan pengajar itu sendiri. Bahkan, keyakinan dan keterampilan pengajar melebihi semua faktor lainnya secara signifikan.
Keyakinan pengajar yang paling berpengaruh berkenaan dengan apa yang harus diajarkan (kurikulum), dan bagaimana seharusnya diajarkan (pedagogi). sementara itu, keterampilan yang paling berpengaruh adalah kompetensi pengajar dalam mengelola kegiatan ruang kelas, keterampilan pedagogis dan, yang kurang penting keterampilan teknis penanganan komputer.
Secara singkat, hal ini mengungkapkan bahwa jika teknologi itu sesuai dengan pedagogi pengajar, mereka menggunakannya. Pengajar perlu diberi bukti bahwa TIK dapat membuat pelajaran mereka jadi lebih menarik, lebih mudah, lebih menyenangkan bagi mereka dan peserta didik mereka, lebih menyenangkan serta lebih memotivasi, lagi pula jika tidak, itu tidak terjadi.
Dengan membentuk Kelompok Riset Pengajar, Anda dapat menumbuhkan lingkungan yang menjadi pusat pedagogi dan kurikulum terbaik untuk sekolah-sekolah. Pantas dimasukkan juga pengajaran timbal balik, umpan balik, dan praktis berjeda.
Pengajaran timbal balik (reciprocal teaching) adalah ketika peserta didik menjadi pengajar dalam sesi-sesi membaca yang kecil dan terkelola. Praktik berjeda (spaced practice), juga dikenal sebagai praktik terdistribusi, adalah sebuah teknik di mana pembelajaran dipecah menjadi beberapa sesi yang lebih kecil dengan periode waktu yang lebih lama. Sedangkan umpan balik berarti umpan balik spesifik dan berkualitas yang mendorong serta menantang peserta didik. Kesamaan dari teknik-teknik ini adalah bahwa mereka relevan dengan kebutuhan peserta didik pada saat ini. Teknik-teknik ini memungkinkan peserta didik untuk membantu mendorong pembelajaran mereka sendiri, tetapi yang paling penting, dengan cara yang sepenuhnya ditopang oleh pengajar. Praktik berjeda dengan sempurna merangkum gagasan modern tentang informasi berukuran kecil yang dicerna dalam waktu lebih lama, sedangkan umpan balik mencerminkan keinginan akan dukungan yang relevan serta dipersonalisasi.
Komentar
Posting Komentar