Langsung ke konten utama

REKOMENDASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN PROFESIONAL (Bagian 2)

 


Sediakan pelatihan berdasarkan permintaan dan tepat waktu

Meskipun MOOC dapat berguna bagi pengembangan profesional, ada juga sejumlah kursus online baru yang menyajikan rekomendasi berdasarkan kemampuan dan minat pengajar untuk memberikan pengembangan profesional yang disesuaikan.

Microsoft telah bekerja bersama para mitra untuk mengembangkan model pembelajaran profesional baru, berdasarkan pada penelitian manajemen perubahan terbaik, psikologi gamifikasi terbaru, dan program penghargaan, pengakuan, dan insentif paling mutakhir yang tersedia.

Kerja sama ini telah melihat pengembangan situs-situs yang menyediakan cara sederhana bagi pengajar untuk mengembangkan keterampilan pengajaran dan teknologi, menyarankan kursus yang sesuai berdasarkan minat serta kemampuan seorang pengajar.

Banyak pihak menggunakan psikologi yang mirip dengan permainan Xbox, memberikan perpaduan insentif yang terbukti semisal penghargaan, poin, dan pencapaian mikro serta gamifikasi untuk membuat pembelajaran jadi lebih bermanfaat dan menarik. Beberapa pengajar menyukai “peringkat bagus”. Lainnya sekadar menyukai lencana. Juga banyak yang ingin mengumpulkan poin yang membawa manfaat materi, misalnya diundang menghadiri konferensi berikutnya, tempat parkir atau periode bebas pada kali berikut berikut ada guru bantuan di sekolah.

Situs-situ ini juga termasuk forum yang menciptakan komunitas untuk berbagi gagasan baru, dukungan dan praktik terbaik, serta cara-cara untuk melacak pengembangan profesional dan sertifikasi guna membangun portofolio.

Bagi sekolah, hal ini membuka pintu bagi pengembangan profesional yang hemat biaya, disesuaikan, dan terbaru bagi staf, mengurangi biaya pengembangan profesional, serta menawarkan alternatif yang jauh lebih fleksibel.

Mereka juga dapat memonitor pembelajaran dan kapasitas profesional pada seluruh staf dan mengenali, memberi insentif serta menghargai pola pikir pembelajaran seumur hidup pada pengajar.

Bagi pengajar, cara ini lebih fleksibel untuk mengatasi pengembangan profesional, yang dapat dicapai secara offline dan online dengan visibilitas ke pimpinan sekolah.

 

Berdayakan pengajar untuk mengembangkan pedagogi dan kurikulum baru

Dalam sebuah penelitian di Belanda yang menyelidiki alasan para pengajar mendapati diri mereka tidak dapat menggunakan alat-alat digital, hasilnya mengungkapkan tiga faktor yang berpengaruh. Dua yang pertama adalah kebutuhan akan dukungan teknis dan kepala sekolah dnegan sikap positif tetapi faktor yang paling penting adalah keyakinan dan keterampilan pengajar itu sendiri. Bahkan, keyakinan dan keterampilan pengajar melebihi semua faktor lainnya secara signifikan.

Keyakinan pengajar yang paling berpengaruh berkenaan dengan apa yang harus diajarkan (kurikulum), dan bagaimana seharusnya diajarkan (pedagogi). sementara itu, keterampilan yang paling berpengaruh adalah kompetensi pengajar dalam mengelola kegiatan ruang kelas, keterampilan pedagogis dan, yang kurang penting keterampilan teknis penanganan komputer.

Secara singkat, hal ini mengungkapkan bahwa jika teknologi itu sesuai dengan pedagogi pengajar, mereka menggunakannya. Pengajar perlu diberi bukti bahwa TIK dapat membuat pelajaran mereka jadi lebih menarik, lebih mudah, lebih menyenangkan bagi mereka dan peserta didik mereka, lebih menyenangkan serta lebih memotivasi, lagi pula jika tidak, itu tidak terjadi.

Dengan membentuk Kelompok Riset Pengajar, Anda dapat menumbuhkan lingkungan yang menjadi pusat pedagogi dan kurikulum terbaik untuk sekolah-sekolah. Pantas dimasukkan juga pengajaran timbal balik, umpan balik, dan praktis berjeda.

Pengajaran timbal balik (reciprocal teaching) adalah ketika peserta didik menjadi pengajar dalam sesi-sesi membaca yang kecil dan terkelola. Praktik berjeda (spaced practice), juga dikenal sebagai praktik terdistribusi, adalah sebuah teknik di mana pembelajaran dipecah menjadi beberapa sesi yang lebih kecil dengan periode waktu yang lebih lama. Sedangkan umpan balik berarti umpan balik spesifik dan berkualitas yang mendorong serta menantang peserta didik. Kesamaan dari teknik-teknik ini adalah bahwa mereka relevan dengan kebutuhan peserta didik pada saat ini. Teknik-teknik ini memungkinkan peserta didik untuk membantu mendorong pembelajaran mereka sendiri, tetapi yang paling penting, dengan cara yang sepenuhnya ditopang oleh pengajar. Praktik berjeda dengan sempurna merangkum gagasan modern tentang informasi berukuran kecil yang dicerna dalam waktu lebih lama, sedangkan umpan balik mencerminkan keinginan akan dukungan yang relevan serta dipersonalisasi.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me

KANVAS STRATEGI MERDEKA BELAJAR

Kanvas Strategi Merdeka Belajar Upaya merancang strategi pengajaran seringkali disimplifikasi sekedar mengisi format silabus atau RPP. Guru tidak dibekali cara berpikir desain yang menjadi dasar dalam mendesain strategi pengajaran apa pun. Padahal tugas membuat rancangan belajar adalah salah satu tugas yang paling menantang bagi guru. Terkesan abstrak, kompleks karena hubungan satu sama lain, dan tidak mudah diprediksi. Dengan tuntutan yang tinggi dan waktu terbatas, guru seringkali menduplikasi desain strategi pengajaran dari orang lain. Strategi pengajaran adalah perangkat utama bagi profesi guru. Kemampuan mendesain strategi pengajaran pada guru setara dengan kemampuan membuat resep atau intervensi pada dokter. Tanggung jawab profesi guru bermula dan terutama pada strategi pengajaran yang digunakan. Dalam kesempatan ini, Kampus Guru Cikal memperkenalkan sebuah alat bantu sederhana yang disebut sebagai Kanvas Strategi Merdeka Belajar. Kanvas ini bukan format silabus atau RPP

Download Buku K13 Semester 2 Revisi 2018

Buku Guru Kelas 6 Semester 2 https://goo.gl/nrHZWL Buku Guru Kelas 5 Semester 2 https://goo.gl/7AwsPS Buku Guru Kelas 4 Semester 2 https://goo.gl/DFKRZq Buku Guru Kelas 3 Semester 2 goo.gl/3BJa83 Buku Guru Kelas 2 Semester 2 goo.gl/VvhNCr Buku Guru Kelas 1 Semester 2 goo.gl/YuVReb Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 goo.gl/6HsFyr Buku Siswa Kelas 5 Semester 2 goo.gl/W2u3tc Buku Siswa Kelas 4 Semester 2 goo.gl/HYsvJi Buku Siswa Kelas 3 Semester 2 goo.gl/kwrd7g Buku Siswa Kelas 2 Semester 2 goo.gl/RtK1W6 Buku Siswa Kelas 1 Semester 2 goo.gl/d3fiFm