Langsung ke konten utama

PROGRAM TRANSFORMASI: LANGKAH PENTING BAGI KESUKSESAN (Bagian 2)


 

Untuk setiap langkah ke depan, ada kerumitan atau risiko yang perlu dipahami dan diminimalkan. Ini berkisar mulai dari predator online, penggalian data, dan profil siswa hingga potensi membuka konten yang tidak pantas. Yang samar terlihat adalah risiko penerapan teknologi yang merongrong pembelajaran, membuat perhatian teralih, memecah perhatian, atau menciptakan pola pikir “ter-hyperlink” dengan mengorbankan fokus.

 

Pertanyaan sering kali merupakan jawaban

Ada pernyataan terkenal Albert Einstein, “Jika saya punya waktuu satu jam untuk menyelesaikan masalah dan hidup saya tergantung pada solusinya, saya akan menghabiskan 55 menit pertama untuk menentukan pertanyaan yang tepat untuk diajukan; karena begitu saya mengetahui pertanyaan yang tepat, saya bisa menyelesaikan masalah dalam waktu kurang dari lima menit.

Tentu saja, kebanyakan dari kita tidak mungkin memecahkan tantangan besar untuk mengembangkan transformasi sistem sekolah hanya dalam waktu lima menit, tetapi menghadapi masalah dengan pendekatan yang tepat akan menghemat waktu sekian jam, kalau bukan sekian minggu atau bulan, dari waktu yang berharga.

 

Lima pertanyaan penting

Mulailah dengan kerangka kerja sederhana dari lima pertanyaan sebenarnya sangat sederhana. Ini dapat membantu Anda memancing diskusi tentang isu-isu penting dan mengevaluasi potensi dampak perubahan.

1. Apa sasaran strategi kita?

2. Bagaimana kita akan mencapainya? Siapa yang ingin kita samai dan apa saja yang ingin kita hindari?

3. Siapa yang dapat membantu kita?

4. Bagaimana kita akan mengelola perubahan?

5. Bagaimana kita akan tetap ada di jalur dan mengukur kesuksesan?

 

Pandangan ke depan yang terbaik adalah pandangan ke belakang. Memanfaatkan penelitian, dokumen kebijakan, dan pengalaman penerapan dalam kehidupan nyata yang tersedia adalah cara terbaik untuk memastikan perubahan yang sukses dan menyeluruh. Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) menghubungkan unsur-unsur ini dengan berbagai alat, templat, dan aktivitas untuk membantu institusi Anda mencapai yang terbaik.

 

Bangun visi bersama yang kuat

Melihat tantangan besar transformasi digital, sangatlah mudah untuk mengira hal itu bergantung pada penerapan teknologi yang tepat dengan cara yang benar.

“Semua prakarsa paling sukses memiliki satu kesamaan karakteristik utama,” kata Bruce Dixon, mitra pendiri Anytime Anywhere Learning Foundation.

“Pertama dan terutama, semua prakarsa tersebut peduli terhadap pembelajaran, bukan laptop atau perangkat lain.”

Seringkali teknologi baru terbukti tidak relevan bagi para pengajar, baik karena sekolah tidak mampu melaksanakan implementasi terstruktur, kebijakan tidak sejalan dengan penggunaan teknologi, ataupun budaya sekolah tidak mendukung penerapan teknologi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me

KANVAS STRATEGI MERDEKA BELAJAR

Kanvas Strategi Merdeka Belajar Upaya merancang strategi pengajaran seringkali disimplifikasi sekedar mengisi format silabus atau RPP. Guru tidak dibekali cara berpikir desain yang menjadi dasar dalam mendesain strategi pengajaran apa pun. Padahal tugas membuat rancangan belajar adalah salah satu tugas yang paling menantang bagi guru. Terkesan abstrak, kompleks karena hubungan satu sama lain, dan tidak mudah diprediksi. Dengan tuntutan yang tinggi dan waktu terbatas, guru seringkali menduplikasi desain strategi pengajaran dari orang lain. Strategi pengajaran adalah perangkat utama bagi profesi guru. Kemampuan mendesain strategi pengajaran pada guru setara dengan kemampuan membuat resep atau intervensi pada dokter. Tanggung jawab profesi guru bermula dan terutama pada strategi pengajaran yang digunakan. Dalam kesempatan ini, Kampus Guru Cikal memperkenalkan sebuah alat bantu sederhana yang disebut sebagai Kanvas Strategi Merdeka Belajar. Kanvas ini bukan format silabus atau RPP

Download Buku K13 Semester 2 Revisi 2018

Buku Guru Kelas 6 Semester 2 https://goo.gl/nrHZWL Buku Guru Kelas 5 Semester 2 https://goo.gl/7AwsPS Buku Guru Kelas 4 Semester 2 https://goo.gl/DFKRZq Buku Guru Kelas 3 Semester 2 goo.gl/3BJa83 Buku Guru Kelas 2 Semester 2 goo.gl/VvhNCr Buku Guru Kelas 1 Semester 2 goo.gl/YuVReb Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 goo.gl/6HsFyr Buku Siswa Kelas 5 Semester 2 goo.gl/W2u3tc Buku Siswa Kelas 4 Semester 2 goo.gl/HYsvJi Buku Siswa Kelas 3 Semester 2 goo.gl/kwrd7g Buku Siswa Kelas 2 Semester 2 goo.gl/RtK1W6 Buku Siswa Kelas 1 Semester 2 goo.gl/d3fiFm