Langsung ke konten utama

PROGRAM TRANSFORMASI: LANGKAH PENTING BAGI KESUKSESAN (Bagian 3)

 


“Transformasi digital pendidikan sama pentingnya dengan perubahan budaya seperti halnya teknologi.” Mr. Sunil Hettiarachchi Sekretaris Kementerian Pendidikan Sri Lanka

“Hal pertama yang biasanya dipikirkan orang adalah perangkat. Namun, transformasi digital lebih dari sekadar teknologi. Nyatanya, Anytime Anywhere Learning Foundation memperkirakan bahwa kurang dari 10 persen pekerjaan yang diperlukan untuk membuat one-to-one berhasil melibatkan perangkat.” Bruce Dixon, Mitra Pendiri, Anytime Anywhere Learning Foundation

 

Lalu, apa jawabannya? Mulailah dengan berinvestasi dalam pengembangan visi bersama yang kuat. Dokumen visi merupakan pengungkapan keadaan akhir yang diinginkan.

Rasio perangkat one-to-one bukanlah deskripsi yang memadai tentang keadaan yang diinginkan, melainkan sebatas cara untuk mewujudkannya. Alih-alih, visi tersebut mengungkapkan apa yang dimungkinkan oleh teknologi ini dalam konteks pembelajar, sekolah, sistem, dan masyarakat. Untuk mendapatkan ide yang lebih konkret tentang apa arti hal ini, contoh pernyataan visi dapat ditemukan dalam visi pembelajaran berskala negara bagian di Victoria, Australia: “Seluruh pengajar dan peserta didik memiliki akses ke teknologi kontemporer dan konten digital kelas dunia yang dapat digunakan untuk mencipta, berkomunikasi, serta berkolaborasi secara lokal dan global. Pembelajaran oleh peserta didik menarik, dipersonalisasi, dan autentik untuk memungkinkan mereka menjadi individu yang percaya diri dan kreatif serta warga abad ke-21 yang aktif dan terinformasi.

 

Seperti apa visi yang sukses itu?

Dua sekolah di bawah ini memberikan perbandingan yang bermanfaat tentang bagaimana program teknologi yang dipertimbangkan dengan buruk dan yang dipertimbangkan dengan baik dapat dibenarkan serta dijelaskan. Di permukaan, klaim dari sekolah A tampak menjanjikan, tetapi tidak mungkin memberikan hasil yang sukses, menurut praktik terbaik.

 

SEKOLAH A

(Visi yang tidak dipertimbangkan dengan baik dan dangkal)

1. Semua anak kita memilliki perangkat. Berjalanlah memasuki ruang kelas mana pun, dan mereka akan terlibat dengan berbagai aplikasi.

2. Kami sedang mengalihkan buku ajar ke tablet. Tas sekolah akan lebih ringan dan kurikulum akan lebih terbarukan.

3. Pengajar diberi arahan tentang cara mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas.

4. Teknologi diukur dari seberapa banyak peserta didik membuat video, cerita digital, dan animasi luar biasa.

5. Kami membiarkan peserta didik membawa perangkat apa pun yang mereka suka, selama dilengkapi konektivitas.

 

SEKOLAH B

(Visi yang dipertimbangkan dengan baik dan arahnya jelas)

1. Peserta didik kami berpikir lebih mendalam. Teknologi memungkinkan mereka mengajukan pertanyaan yang lebih besar, menjelajahi berbagai konsep secara lebih menyeluruh, dan melakukan hal-hal yang tidak dapat mereka lakukan tanpa teknologi.

2. Kami bergerak menjauh dari buku ajar ke model literasi kritis melalui pengaksesan dan penguraian informasi dari sumber-sumber kontemporer.

3. Pengajar kami dilatih tentang cara menggunakan teknologi dengan aman, etis, dan dengan cara yang dapat mentransformasikan pembelajaran.

4. Teknologi diukur dengan bagaimana ia meningkatkan beban kognitif diskresioner di sepanjang proses pembelajaran, ini memberdayakan kita untuk mengurangi fokus pada produk jadi, dan lebih banyak pada perjalanan pembelajaran.

5. Kami menghabiskan banyak waktu untuk memahami penelitian tersebut dan, selaku pakar pembelajaran, untuk memastikan para peserta didik kami memiliki perangkat yang terbukti dapat meningkatkan hasil-hasil yang kami hargai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Integrasi TIK Dalam Kurikulum Sebagai Tantangan Era Digital

Pengembangan kurikulum dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah ilmu dan teknologi dan oleh karenanya harus mampu menjawab tantangan pendidikan di era digital abad ke-21 ini. Apalagi sepuluh tahun terakhir dunia pendidikan kita khususnya dalam bidang teknologi pembelajaran dihadapkan oleh berbagai tantangan terkait dengan peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Radikalisme TIK menuntut perubahan paradigma pembelajaran yang terpusat pada guru berubah ke pola pembelajaran yang menumbuhkan kreatifitas dan kemandirian siswa merupakan suatu tuntutan. Penggunaan TIK dalam proses belajar mengajar memungkinkan proses pendidikan yang lebih interaktif dan membekali siawa dengan kemandirian yang dibutuhkan di era digital ini, yaitu ICT literacy, kemampuan berkolaborasi, kemampuan berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis dan problem solver.  Dengan ditunjang semakin murah, mudah, dan cepatnya akses internet bukan alasan lagi jika guru mulai mengintegrasikan TIK ...

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me...

Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari Tahun ke Tahun

🎯Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari tahun ke tahun🎯 1. Kumpulan Soal UN Asli 2019 Semua Mapel https://bit.ly/2Z0rHza 2. Prediksi Soal UNBK Kimia https://bit.ly/2N3WULN 3. Soal asli USBN Kimia 2019 KTSP dan K13 https://bit.ly/2GYI8ly 4. Kumpulan Soal dan Kunci Pra UN 2019 Semua Mapel IPA IPS https://bit.ly/2MVroiW 5. Kumpulan Soal UN Asli Bahasa Indonesia 9 Tahun terakhir (2010-2018) https://bit.ly/2GYIfxu 6. Soal TO UN Kimia https://bit.ly/2YQtiYv 7. Soal Asli UN Kimia 2018 Tipe A https://bit.ly/2KsUDrq 8. Soal Asli UN kimia 2018 type Bisa https://bit.ly/2KCoVac 9. Soal Asli UN ekonomi 2018 https://bit.ly/2MbwqrV 10. Soal Asli UN Sosiologi 2018 https://bit.ly/31FTWkH 11. Soal Asli UN Matematika IPS 2018 https://bit.ly/2YLZH3j 12. Soal Asli UN Matematika IPA 2018 https://bit.ly/2yQOBdN 13. Soal Asli UN Bahasa Inggris 2018 https://bit.ly/2z2RHeZ 14. Soal Asli UN Fisika 2018 https://bit.ly/2H0vFOl 15. Soal Asli UN Biologi 2018 https://bit.ly/2ZPBs0d 16....