Langsung ke konten utama

PROGRAM TRANSFORMASI: LANGKAH PENTING BAGI KESUKSESAN (Bagian 1)

 


Transformasi lebih dari sekadar teknologi. Sasarannya adalah untuk memungkinkan secara utuh membayangkan ulang pembelajaran, kapan pun, di mana pun, dan berusaha sebaik mungkin mempelajari serta menyesuaikan kapan dan bagaimana teknologi membuat segalanya menjadi lebih baik.

Teknologi dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, bermanfaat, dan adil, memperlengkapi siswa dengan berbagai keterampilan serta pengetahuan untuk menjadi peserta didik yang percaya diri, bahagia, berkontribusi bagi dunia kita. Kini telah hadir cara-cara sederhana dan terjangkau untuk merevolusi pengajaran serta pembelajaran. Melakukannya dengan benar akan memberi kesempatan dan pengalaman yang jauh lebih baik bagi peserta didik kami, serta pengalaman kerja yang lebih efisien, efektif, dan bermanfaat bagi pengajar dan staf kami.

Transformasi berskala besar pertama di K-12 adalah program pembelajaran one-to-one, yang diluncurkan sejak 1991 di Victoria, Australia. Sejak itu, transformasi serupa telah menjadi hal lazim di seluruh dunia, dengan pembangunan momentum nyata selama dekade terakhir.

Keberhasilan program transformasi cenderung muncul dengan cepat. Puluhan peneliti melaporkan peningkatan skor pada hasil tes standar, keterlibatan, dan perhatian peserta didik yang lebih baik, serta peningkatan literasi, keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah untuk siswa kelas empat.

Namun, kekecewaan yang muncul dari program-program ini sering lambat diketahui, tidak muncul ke permukaan, atau cenderung tidak dipertimbangkan. Itulah pentingnya melakukan peninjauan ke belakang. Kesulitan menghadapi hal ini, beberapa sekolah menghentikan program mereka sepenuhnya, menyebutkan adanya pembengkakan biaya, manfaat yang kecil, atau peningkatan yang tidak signifikan dalam kinerja peserta didik. Yang lain menyalahkan teknologi itu sendiri, salah memahami alasan kegagalan, atau justru tidak mau menghadapi besarnya perubahan yang diperlukan.

 

Apa masalahnya ?

ü Pembelajaran one-to-one. Penyediaan satu laptop atau tablet yang berfungsi penuh untuk setiap peserta didik. Bila dikelola dengan benar, ini adalah model yang paling efektif dan terbukti untuk transformasi.

ü Bawa perangkat Anda sendiri. Peserta didik membawa perangkat apa pun ke sekolah. Ini dapat mengganggu karena sekolah harus mendukung banyak merek, sedangkan pengajar harus menyesuaikan dengan denominator umum terendah.

ü Laboratorium atau keranjang. Menyediakan satu “set kelas” laptop atau tablet untuk mendukung pembelajaran dapat berhasil di kelas yang lebih rendah jika peserta didik menghabiskan lebih sedikit waktu bekerja dengan teknologi, tetapi dapat membatasi pembelajarn di kelas yang lebih tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Integrasi TIK Dalam Kurikulum Sebagai Tantangan Era Digital

Pengembangan kurikulum dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah ilmu dan teknologi dan oleh karenanya harus mampu menjawab tantangan pendidikan di era digital abad ke-21 ini. Apalagi sepuluh tahun terakhir dunia pendidikan kita khususnya dalam bidang teknologi pembelajaran dihadapkan oleh berbagai tantangan terkait dengan peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Radikalisme TIK menuntut perubahan paradigma pembelajaran yang terpusat pada guru berubah ke pola pembelajaran yang menumbuhkan kreatifitas dan kemandirian siswa merupakan suatu tuntutan. Penggunaan TIK dalam proses belajar mengajar memungkinkan proses pendidikan yang lebih interaktif dan membekali siawa dengan kemandirian yang dibutuhkan di era digital ini, yaitu ICT literacy, kemampuan berkolaborasi, kemampuan berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis dan problem solver.  Dengan ditunjang semakin murah, mudah, dan cepatnya akses internet bukan alasan lagi jika guru mulai mengintegrasikan TIK ...

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me...

Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari Tahun ke Tahun

🎯Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari tahun ke tahun🎯 1. Kumpulan Soal UN Asli 2019 Semua Mapel https://bit.ly/2Z0rHza 2. Prediksi Soal UNBK Kimia https://bit.ly/2N3WULN 3. Soal asli USBN Kimia 2019 KTSP dan K13 https://bit.ly/2GYI8ly 4. Kumpulan Soal dan Kunci Pra UN 2019 Semua Mapel IPA IPS https://bit.ly/2MVroiW 5. Kumpulan Soal UN Asli Bahasa Indonesia 9 Tahun terakhir (2010-2018) https://bit.ly/2GYIfxu 6. Soal TO UN Kimia https://bit.ly/2YQtiYv 7. Soal Asli UN Kimia 2018 Tipe A https://bit.ly/2KsUDrq 8. Soal Asli UN kimia 2018 type Bisa https://bit.ly/2KCoVac 9. Soal Asli UN ekonomi 2018 https://bit.ly/2MbwqrV 10. Soal Asli UN Sosiologi 2018 https://bit.ly/31FTWkH 11. Soal Asli UN Matematika IPS 2018 https://bit.ly/2YLZH3j 12. Soal Asli UN Matematika IPA 2018 https://bit.ly/2yQOBdN 13. Soal Asli UN Bahasa Inggris 2018 https://bit.ly/2z2RHeZ 14. Soal Asli UN Fisika 2018 https://bit.ly/2H0vFOl 15. Soal Asli UN Biologi 2018 https://bit.ly/2ZPBs0d 16....