5 bidang yang memiliki dampak yang terbukti positif :
1. Pendampingan dan Pembinaan
Menurut Smith dan Ingersoll, pendampingan dan pembinaan intensif yang mencakup observasi kelas serta umpan balik yang teratur membantu meningkatkan kualitas pengajar. Pendampingan dan pembinaan adalah cara bagus untuk membantu pengajar mendiagnosa kebutuhan pembelajaran peserta didik, mengembangkan keterampilan manajemen kelas, dan mengambil pedagogi baru yang spesifik untuk mata pelajaran mereka.
2. Kelompok Mata Pelajaran dan Kelas
Pengajar membuat peningkatan dnegan saling mengamati ruang kelas, mengenali dan memecahkan masalah yang muncul, serta bersama-sama meningkatkan pembelajaran setiap peserta didik. Kelompok mata pelajaran dan kelas adalah cara fantastis untuk menyatukan para pengajar sehingga mereka dapat lebih mudah mendiskusikan berbagai pendekatan, merencanakan mata pelajaran, dan memeriksa kemajuan peserta didik. Bekerja dan belajar bersama juga telah terbukti meningkatkan keterampilan kepemimpinan serta mencegah stres dan kelelahan.
3. Sesuaikan pelatihan pengajar dengan kebutuhan spesifik dan pribadi
Keberhasilan pengajar berasal dari pelatihan yang relevan dan dapat diterapkan. Ketika pengajar merasa kegiatan pengembangan profesional selaras dengan konten yang mereka ajarkan dan selaras dengan praktik mengajar mereka, mereka lebih mungkin mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran mereka. Rasa memiliki secara pribadi adalah kuncinya. Ketika pengajar secara aktif mengendalikan pengembangan profesional mereka dan rekan-rekan mereka, mereka lebih cenderung menggunakan teknologi bersama peserta didik mereka.
4. Kelompok penelitian guru
Ini seperti kelompok mata pelajaran dan kelas, hanya saja berfokus pada penelitian untuk masa depan. Para pengajar berkumpul untuk memilih topik penelitian, misalnya “cara-cara memperkenalkan pedagogi baru”, dan bekerja bersama untuk menganalisis bukti, praktik terbaik, serta studi kasus. Mereka kemudian dapat memilih untuk mencoba berbagai praktik baru yang menjanjikan dan mengevaluasi dampaknya pada peserta didik mereka. Penekanannya di sini ada pada efikasi pengajar secara kolektif. Hattie menemukan bahwa pengajar lebih berhasil ketika mereka menerapkan strategi pengajaran berbasis bukti.
5. Umpan balik pengajar
Penilaian dan umpan balik pengajar memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pembelajara profesional. Ini membantu pengajar meningkatkan keterampilan pengajaran dengan mengenali dan mengembangkan bidang-bidang spesifik pengajaran mereka demi peningkatan. Umpan balik juga meningkatkan cara mereka berhubungan dengan peserta didik dan kolega, meningkatkan kepuasan kerja, serta luar biasa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Umpan balik juga dapat mencakup lencana, pengakuan sertifikasi dari industri, dan dipromosikan melalui berbagai sumber daya serta publikasi profesional.
Komentar
Posting Komentar