Langsung ke konten utama

PEMBELAJARAN PROFESIONAL UNTUK PENGAJAR


 

5 bidang yang memiliki dampak yang terbukti positif :

 

1. Pendampingan dan Pembinaan

Menurut Smith dan Ingersoll, pendampingan dan pembinaan intensif yang mencakup observasi kelas serta umpan balik yang teratur membantu meningkatkan kualitas pengajar. Pendampingan dan pembinaan adalah cara bagus untuk membantu pengajar mendiagnosa kebutuhan pembelajaran peserta didik, mengembangkan keterampilan manajemen kelas, dan mengambil pedagogi baru yang spesifik untuk mata pelajaran mereka.

 

2. Kelompok Mata Pelajaran dan Kelas

Pengajar membuat peningkatan dnegan saling mengamati ruang kelas, mengenali dan memecahkan masalah yang muncul, serta bersama-sama meningkatkan pembelajaran setiap peserta didik. Kelompok mata pelajaran dan kelas adalah cara fantastis untuk menyatukan para pengajar sehingga mereka dapat lebih mudah mendiskusikan berbagai pendekatan, merencanakan mata pelajaran, dan memeriksa kemajuan peserta didik. Bekerja dan belajar bersama juga telah terbukti meningkatkan keterampilan kepemimpinan serta mencegah stres dan kelelahan.

 

3. Sesuaikan pelatihan pengajar dengan kebutuhan spesifik dan pribadi

Keberhasilan pengajar berasal dari pelatihan yang relevan dan dapat diterapkan. Ketika pengajar merasa kegiatan pengembangan profesional selaras dengan konten yang mereka ajarkan dan selaras dengan praktik mengajar mereka, mereka lebih mungkin mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran mereka. Rasa memiliki secara pribadi adalah kuncinya. Ketika pengajar secara aktif mengendalikan pengembangan profesional mereka dan rekan-rekan mereka, mereka lebih cenderung menggunakan teknologi bersama peserta didik mereka.

 

4. Kelompok penelitian guru

Ini seperti kelompok mata pelajaran dan kelas, hanya saja berfokus pada penelitian untuk masa depan. Para pengajar berkumpul untuk memilih topik penelitian, misalnya “cara-cara memperkenalkan pedagogi baru”, dan bekerja bersama untuk menganalisis bukti, praktik terbaik, serta studi kasus. Mereka kemudian dapat memilih untuk mencoba berbagai praktik baru yang menjanjikan dan mengevaluasi dampaknya pada peserta didik mereka. Penekanannya di sini ada pada efikasi pengajar secara kolektif. Hattie menemukan bahwa pengajar lebih berhasil ketika mereka menerapkan strategi pengajaran berbasis bukti.

 

5. Umpan balik pengajar

Penilaian dan umpan balik pengajar memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pembelajara profesional. Ini membantu pengajar meningkatkan keterampilan pengajaran dengan mengenali dan mengembangkan bidang-bidang spesifik pengajaran mereka demi peningkatan. Umpan balik juga meningkatkan cara mereka berhubungan dengan peserta didik dan kolega, meningkatkan kepuasan kerja, serta luar biasa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Umpan balik juga dapat mencakup lencana, pengakuan sertifikasi dari industri, dan dipromosikan melalui berbagai sumber daya serta publikasi profesional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Integrasi TIK Dalam Kurikulum Sebagai Tantangan Era Digital

Pengembangan kurikulum dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah ilmu dan teknologi dan oleh karenanya harus mampu menjawab tantangan pendidikan di era digital abad ke-21 ini. Apalagi sepuluh tahun terakhir dunia pendidikan kita khususnya dalam bidang teknologi pembelajaran dihadapkan oleh berbagai tantangan terkait dengan peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Radikalisme TIK menuntut perubahan paradigma pembelajaran yang terpusat pada guru berubah ke pola pembelajaran yang menumbuhkan kreatifitas dan kemandirian siswa merupakan suatu tuntutan. Penggunaan TIK dalam proses belajar mengajar memungkinkan proses pendidikan yang lebih interaktif dan membekali siawa dengan kemandirian yang dibutuhkan di era digital ini, yaitu ICT literacy, kemampuan berkolaborasi, kemampuan berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis dan problem solver.  Dengan ditunjang semakin murah, mudah, dan cepatnya akses internet bukan alasan lagi jika guru mulai mengintegrasikan TIK ...

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me...

Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari Tahun ke Tahun

🎯Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari tahun ke tahun🎯 1. Kumpulan Soal UN Asli 2019 Semua Mapel https://bit.ly/2Z0rHza 2. Prediksi Soal UNBK Kimia https://bit.ly/2N3WULN 3. Soal asli USBN Kimia 2019 KTSP dan K13 https://bit.ly/2GYI8ly 4. Kumpulan Soal dan Kunci Pra UN 2019 Semua Mapel IPA IPS https://bit.ly/2MVroiW 5. Kumpulan Soal UN Asli Bahasa Indonesia 9 Tahun terakhir (2010-2018) https://bit.ly/2GYIfxu 6. Soal TO UN Kimia https://bit.ly/2YQtiYv 7. Soal Asli UN Kimia 2018 Tipe A https://bit.ly/2KsUDrq 8. Soal Asli UN kimia 2018 type Bisa https://bit.ly/2KCoVac 9. Soal Asli UN ekonomi 2018 https://bit.ly/2MbwqrV 10. Soal Asli UN Sosiologi 2018 https://bit.ly/31FTWkH 11. Soal Asli UN Matematika IPS 2018 https://bit.ly/2YLZH3j 12. Soal Asli UN Matematika IPA 2018 https://bit.ly/2yQOBdN 13. Soal Asli UN Bahasa Inggris 2018 https://bit.ly/2z2RHeZ 14. Soal Asli UN Fisika 2018 https://bit.ly/2H0vFOl 15. Soal Asli UN Biologi 2018 https://bit.ly/2ZPBs0d 16....