Langsung ke konten utama

PEMBELAJARAN PROFESIONAL UNTUK PENGAJAR


 

5 bidang yang memiliki dampak yang terbukti positif :

 

1. Pendampingan dan Pembinaan

Menurut Smith dan Ingersoll, pendampingan dan pembinaan intensif yang mencakup observasi kelas serta umpan balik yang teratur membantu meningkatkan kualitas pengajar. Pendampingan dan pembinaan adalah cara bagus untuk membantu pengajar mendiagnosa kebutuhan pembelajaran peserta didik, mengembangkan keterampilan manajemen kelas, dan mengambil pedagogi baru yang spesifik untuk mata pelajaran mereka.

 

2. Kelompok Mata Pelajaran dan Kelas

Pengajar membuat peningkatan dnegan saling mengamati ruang kelas, mengenali dan memecahkan masalah yang muncul, serta bersama-sama meningkatkan pembelajaran setiap peserta didik. Kelompok mata pelajaran dan kelas adalah cara fantastis untuk menyatukan para pengajar sehingga mereka dapat lebih mudah mendiskusikan berbagai pendekatan, merencanakan mata pelajaran, dan memeriksa kemajuan peserta didik. Bekerja dan belajar bersama juga telah terbukti meningkatkan keterampilan kepemimpinan serta mencegah stres dan kelelahan.

 

3. Sesuaikan pelatihan pengajar dengan kebutuhan spesifik dan pribadi

Keberhasilan pengajar berasal dari pelatihan yang relevan dan dapat diterapkan. Ketika pengajar merasa kegiatan pengembangan profesional selaras dengan konten yang mereka ajarkan dan selaras dengan praktik mengajar mereka, mereka lebih mungkin mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran mereka. Rasa memiliki secara pribadi adalah kuncinya. Ketika pengajar secara aktif mengendalikan pengembangan profesional mereka dan rekan-rekan mereka, mereka lebih cenderung menggunakan teknologi bersama peserta didik mereka.

 

4. Kelompok penelitian guru

Ini seperti kelompok mata pelajaran dan kelas, hanya saja berfokus pada penelitian untuk masa depan. Para pengajar berkumpul untuk memilih topik penelitian, misalnya “cara-cara memperkenalkan pedagogi baru”, dan bekerja bersama untuk menganalisis bukti, praktik terbaik, serta studi kasus. Mereka kemudian dapat memilih untuk mencoba berbagai praktik baru yang menjanjikan dan mengevaluasi dampaknya pada peserta didik mereka. Penekanannya di sini ada pada efikasi pengajar secara kolektif. Hattie menemukan bahwa pengajar lebih berhasil ketika mereka menerapkan strategi pengajaran berbasis bukti.

 

5. Umpan balik pengajar

Penilaian dan umpan balik pengajar memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pembelajara profesional. Ini membantu pengajar meningkatkan keterampilan pengajaran dengan mengenali dan mengembangkan bidang-bidang spesifik pengajaran mereka demi peningkatan. Umpan balik juga meningkatkan cara mereka berhubungan dengan peserta didik dan kolega, meningkatkan kepuasan kerja, serta luar biasa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Umpan balik juga dapat mencakup lencana, pengakuan sertifikasi dari industri, dan dipromosikan melalui berbagai sumber daya serta publikasi profesional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me

KANVAS STRATEGI MERDEKA BELAJAR

Kanvas Strategi Merdeka Belajar Upaya merancang strategi pengajaran seringkali disimplifikasi sekedar mengisi format silabus atau RPP. Guru tidak dibekali cara berpikir desain yang menjadi dasar dalam mendesain strategi pengajaran apa pun. Padahal tugas membuat rancangan belajar adalah salah satu tugas yang paling menantang bagi guru. Terkesan abstrak, kompleks karena hubungan satu sama lain, dan tidak mudah diprediksi. Dengan tuntutan yang tinggi dan waktu terbatas, guru seringkali menduplikasi desain strategi pengajaran dari orang lain. Strategi pengajaran adalah perangkat utama bagi profesi guru. Kemampuan mendesain strategi pengajaran pada guru setara dengan kemampuan membuat resep atau intervensi pada dokter. Tanggung jawab profesi guru bermula dan terutama pada strategi pengajaran yang digunakan. Dalam kesempatan ini, Kampus Guru Cikal memperkenalkan sebuah alat bantu sederhana yang disebut sebagai Kanvas Strategi Merdeka Belajar. Kanvas ini bukan format silabus atau RPP

Download Buku K13 Semester 2 Revisi 2018

Buku Guru Kelas 6 Semester 2 https://goo.gl/nrHZWL Buku Guru Kelas 5 Semester 2 https://goo.gl/7AwsPS Buku Guru Kelas 4 Semester 2 https://goo.gl/DFKRZq Buku Guru Kelas 3 Semester 2 goo.gl/3BJa83 Buku Guru Kelas 2 Semester 2 goo.gl/VvhNCr Buku Guru Kelas 1 Semester 2 goo.gl/YuVReb Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 goo.gl/6HsFyr Buku Siswa Kelas 5 Semester 2 goo.gl/W2u3tc Buku Siswa Kelas 4 Semester 2 goo.gl/HYsvJi Buku Siswa Kelas 3 Semester 2 goo.gl/kwrd7g Buku Siswa Kelas 2 Semester 2 goo.gl/RtK1W6 Buku Siswa Kelas 1 Semester 2 goo.gl/d3fiFm