Langsung ke konten utama

7 PRINSIP PEMBELAJARAN OECD 2010 (Bagian 1)


 

Untuk membantu sekolah membayangkan ulang pengajaran dan pembelajaran, Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (Organization of Economic Cooperation and Development/OECD) telah menetapkan tujuh prinsip yang bermanfaat.

Peserta didik harus menjadi pusat dari hal-hal yang terjadi di ruang kelas dengan kegiatan yang berfokus pada kognisi, proses pembelajaran, dan pertumbuhan mereka.

Pembelajaran merupakan praktik sosial dan tidak bisa terjadi dengan sendirinya. Kerja kelompok yang terstruktur dan kolaboratif bisa baik untuk semua peserta didik. Hal ini mendorong peserta didik dengan cara yang berbeda-beda.

Emosi adalah bagian tak terpisahkan dari pembelajaran. Peserta didik memahami ide-ide dengan lebih baik ketika kita menghubungkan emosi, motivasi, dan kognisi. Keyakinan positif adalah kunci.

Peserta didik berbeda satu sama lain, dan lingkungan pembelajaran yang inovatif mencerminkan berbagai pengalaman serta pengetahuan terdahulu yang dibawa oleh setiap peserta didik ke kelas.

Penilaian haruslah untuk pembelajaran, bukan terhadap pembelajaran. Penilaian itu penting, tetapi hanya untuk mengukur bagaimana menyusun pelajaran berikutnya untuk memaksimalkan efektivitas.

Peserta didik perlu diregangkan, tetapi tidak terlalu banyak. Peserta didik perlu mengalami baik keberhasilan akademik maupun tantangan penemuan.

Pembelajaran perlu dihubungkan lintas disiplin dan diperluas ke dunia nyata. Pembelajaran tidak dapat bermakna jika peserta didik tidak memahami mengapa pengetahuan itu akan berguna bagi mereka.

 

Raih kemungkinan baru bagi pendidik abad ke-21

Begitu visi yang kuat telah ada, saatnya untuk melihat berbagai aplikasi praktis di ruang kelas. Untuk sepenuhnya memanfaatkan kekuatan teknologi sekolah perlu mempertimbangkan pendefinisian ulang kurikulum dan bagaimana kurikulum itu diajarkan. Dengan kata lain, inilah saat untuk sepenuhnya membayangkan ulang pengajaran dan pembelajaran abad ke-21.

Fokus pada fakta dan hafalan, pada latihan dan praktik, tidak memanfaatkan nilai komputer,” ungkap Profesor Norris dan Profesor Soloway, masing-masing dari University of Texas dan University of Michigan. “Meminta peserta didik meneliti dan berkolaborasi untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam dan terintegrasi dari proses-proses yang mendasari perlu menjadi fokus dari kelas komputasi one-to-one. Transformasi pembelajaran membutuhkan perubahan konseptual utama. Ini adalah gerakan yang tidak lagi memandang komputasi sebagai subjek terpisah, atau gadget menarik yang dapat memancing minat peserta didik, dengan gagasan baru ruang kelas sebagai ruang digital, kurikulum sebagai ukuran dari hal-hal penting serta peran pengajar dan peserta didik.

Pembelajaran masa depan adalah pola pikir yang memberdayakan peserta didik untuk menjadi mitra penulis dari pembelajaran mereka dan menyesuaikan berbagai aktivitas untuk memenuhi kebutuhan, kemampuan, serta minat mereka. Ini membutuhkan perubahan besar dalam cara pengajar berfungsi di kelas, beralih dari apa yang Deakin Crick istilahkan sebagai “pembelajaran sebagai program” menjadi “pembelajaran sebagai desain”. Bahkan, dalam sebuah analisis semisal terhadap lebih dari 800 studi yang berkaitan dengan prestasi peserta didik, John Hattie menemukan bahwa keterampilan pengajar mencapai sekitar 30 persen dari varians dalam pencapaian peserta didik.

Dr. Emma Bartle menyepakati dan menyarankan. “Pengajar harus bersedia dan mampu mengubah pedagogi mereka menjadi pendekatan yang berpusat pada siswa; kemampuan mereka untuk melakukan hal ini adalah unsur penting dari lingkungan pembelajaran yang dipersonalisasi”. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Integrasi TIK Dalam Kurikulum Sebagai Tantangan Era Digital

Pengembangan kurikulum dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah ilmu dan teknologi dan oleh karenanya harus mampu menjawab tantangan pendidikan di era digital abad ke-21 ini. Apalagi sepuluh tahun terakhir dunia pendidikan kita khususnya dalam bidang teknologi pembelajaran dihadapkan oleh berbagai tantangan terkait dengan peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Radikalisme TIK menuntut perubahan paradigma pembelajaran yang terpusat pada guru berubah ke pola pembelajaran yang menumbuhkan kreatifitas dan kemandirian siswa merupakan suatu tuntutan. Penggunaan TIK dalam proses belajar mengajar memungkinkan proses pendidikan yang lebih interaktif dan membekali siawa dengan kemandirian yang dibutuhkan di era digital ini, yaitu ICT literacy, kemampuan berkolaborasi, kemampuan berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis dan problem solver.  Dengan ditunjang semakin murah, mudah, dan cepatnya akses internet bukan alasan lagi jika guru mulai mengintegrasikan TIK ...

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me...

Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari Tahun ke Tahun

🎯Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari tahun ke tahun🎯 1. Kumpulan Soal UN Asli 2019 Semua Mapel https://bit.ly/2Z0rHza 2. Prediksi Soal UNBK Kimia https://bit.ly/2N3WULN 3. Soal asli USBN Kimia 2019 KTSP dan K13 https://bit.ly/2GYI8ly 4. Kumpulan Soal dan Kunci Pra UN 2019 Semua Mapel IPA IPS https://bit.ly/2MVroiW 5. Kumpulan Soal UN Asli Bahasa Indonesia 9 Tahun terakhir (2010-2018) https://bit.ly/2GYIfxu 6. Soal TO UN Kimia https://bit.ly/2YQtiYv 7. Soal Asli UN Kimia 2018 Tipe A https://bit.ly/2KsUDrq 8. Soal Asli UN kimia 2018 type Bisa https://bit.ly/2KCoVac 9. Soal Asli UN ekonomi 2018 https://bit.ly/2MbwqrV 10. Soal Asli UN Sosiologi 2018 https://bit.ly/31FTWkH 11. Soal Asli UN Matematika IPS 2018 https://bit.ly/2YLZH3j 12. Soal Asli UN Matematika IPA 2018 https://bit.ly/2yQOBdN 13. Soal Asli UN Bahasa Inggris 2018 https://bit.ly/2z2RHeZ 14. Soal Asli UN Fisika 2018 https://bit.ly/2H0vFOl 15. Soal Asli UN Biologi 2018 https://bit.ly/2ZPBs0d 16....