Langsung ke konten utama

SELAMAT DATANG DI REVOLUSI INDUSTRI KEEMPAT (Bagian 2)



 

Para ekonomi buruh sepakat: Kebutuhan teknologi meningkat untuk semua pekerjaan

Dewasa ini, satu dari dua pekerjaan di seluruh dunia membutuhkan keterampilan teknologi. Namun dalam waktu kurang dari sepuluh tahun, kami perkirakan tiga dari empat pekerjaan akan membutuhkan keterampilan teknis yang mendalam dan spesifik. Lalu apa arti semua ini bagi peserta didik kita? Deputy Director OECD for Education, Andreas Schleicher, menyatakan ekonomi dunia masa depan tidak akan lagi membayar untuk mendapatkan apa yang diketahui orang, melainkan untuk mendapatkan apa yang bisa mereka lakukan dengan apa yang mereka ketahui. Dengan kata lain, kini peserta didik perlu mengembangkan keterampilan di lingkungan yang tidak terlalu berfokus pada pengungkapan pengetahuan melainkan lebih pada pemanfaatan pengetahuan. Di dunia tempat peserta didik memiliki akses instan dan tanpa batas pada pengetahuan, sekarang saatnya untuk memfokuskan kembali kurikulum, kebijakan, manajemen, dan undang-undang untuk merangkul peralihan keterampilan ini.

 

Dengan keterampilan baru, datang peluang baru bagi peserta didik untuk berkembang

Kita telah menyaksikan kemunculan Silicon Valley, budaya start-up, dan kerja virtual. Kini kita tinggal di dunia tempat perusahaan taksi terbesar tidak memiliki mobil (Uber), penyedia film terbesar tidak memiliki bioskop (Netflix), dan jaringan media sosial terbesar tidak menyediakan konten (Facebook). Untuk bisnis pada masa kini, kelincahan adalah segalanya dan hanya inovator paling berani yang berhasil mencapai puncak. Kita juga menantikan robotika, otomasi, dan kecerdasan buatan, yang kemungkinkan berdampak mendalam serta abadi pada sifat pekerjaan, kehidupan, dan pendidikan.

Khawatir memang mudah, tapi terinspirasi itu lebih baik. Jika kita dapat membekali peserta didik dengan kefasihan teknologi, keterampilan pengetahuan tingkat tinggi, dan pola pikir gesit yang mencakup inovasi, kreatifitas, dan “gangguan pasar (market disruption)”, mereka akan siap menghadapi hampir segala sesuatu.

 

Kuncinya adalah fokus pada sentrisitas peserta didik

Futuris dan penulis buku laris A Whole New Mind bernama Daniel Pink percaya bahwa kesuksesan pada abad ke-21 tergantung pada adanya tujuan, rasa efikasi diri, pola pikir pertumbuhan, dan alat yang tepat atau akses ke alat-alat itu. Untuk mencapai hal ini, Pink berpendapat peran sekolah adalah membantu peserta didik mengenali tujuan mereka, mempelajari cara mengejar tujuan itu, dan mengalami pencapaian sasaran yang ditentukan sendiri.

Untuk transformasi pembelajaran, sentrisitas peserta didik harus menjadi inti dari “gangguan” Anda. Ini memungkinkan berhasilnya peralihan dari model tradisional yang berdasarkan penguasaan kurikulum ke model pembelajaran yang berfokus pada memberi peserta didik pengalaman praktis untuk mencapai potensi pribadi mereka. Provinsi British Columbia di Kanada menyatakannya dengan sempurna dalam pernyataan visi mereka, ketika mereka mendefinisikan kembali sekolah sebagai “tempat untuk mencari dan menemukan martabat, tujuan, dan pilihan masa depan seseorang”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me

KANVAS STRATEGI MERDEKA BELAJAR

Kanvas Strategi Merdeka Belajar Upaya merancang strategi pengajaran seringkali disimplifikasi sekedar mengisi format silabus atau RPP. Guru tidak dibekali cara berpikir desain yang menjadi dasar dalam mendesain strategi pengajaran apa pun. Padahal tugas membuat rancangan belajar adalah salah satu tugas yang paling menantang bagi guru. Terkesan abstrak, kompleks karena hubungan satu sama lain, dan tidak mudah diprediksi. Dengan tuntutan yang tinggi dan waktu terbatas, guru seringkali menduplikasi desain strategi pengajaran dari orang lain. Strategi pengajaran adalah perangkat utama bagi profesi guru. Kemampuan mendesain strategi pengajaran pada guru setara dengan kemampuan membuat resep atau intervensi pada dokter. Tanggung jawab profesi guru bermula dan terutama pada strategi pengajaran yang digunakan. Dalam kesempatan ini, Kampus Guru Cikal memperkenalkan sebuah alat bantu sederhana yang disebut sebagai Kanvas Strategi Merdeka Belajar. Kanvas ini bukan format silabus atau RPP

Download Buku K13 Semester 2 Revisi 2018

Buku Guru Kelas 6 Semester 2 https://goo.gl/nrHZWL Buku Guru Kelas 5 Semester 2 https://goo.gl/7AwsPS Buku Guru Kelas 4 Semester 2 https://goo.gl/DFKRZq Buku Guru Kelas 3 Semester 2 goo.gl/3BJa83 Buku Guru Kelas 2 Semester 2 goo.gl/VvhNCr Buku Guru Kelas 1 Semester 2 goo.gl/YuVReb Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 goo.gl/6HsFyr Buku Siswa Kelas 5 Semester 2 goo.gl/W2u3tc Buku Siswa Kelas 4 Semester 2 goo.gl/HYsvJi Buku Siswa Kelas 3 Semester 2 goo.gl/kwrd7g Buku Siswa Kelas 2 Semester 2 goo.gl/RtK1W6 Buku Siswa Kelas 1 Semester 2 goo.gl/d3fiFm