Langsung ke konten utama

KEPEMIMPINAN SEKOLAH


 

Ciptakan pemimpin pembelajaran

Fullan mengkritik gagasan bahwa kepala sekolah harus berfokus pada kepemimpinan instruksional, mencatat bahwa untuk itu kepala sekolah harus sepenuhnya menguasai pengetahuan, dan bahkan terlibat sebagian, dalam pengajaran, yang mana hal tersebut dapat mengarah pada manajemen mikro, DuFour dan Marzano sama-sama menemukan bahwa “menghabiskan waktu untuk membangun kapasitas pengajar dalam kerja sama tim jauh lebih baik daripada menghabiskan waktu untuk mengamati pengajar secara perorangan.” Dengan kata lain, jauh lebih efektif membangun kapasitas seorang pengajar untuk memimpin, daripada menarik kepala sekolah ke dalam pengajaran.

Hattie menyebutkan peran baru ini “pemimpin pembelajaran”. Dia menjelaskan bahwa sementara para pemimpin pembelajaran menekankan bagaimana informasi diajarkan dan bagaimana kita tahu, informasi itu diajarkan dengan baik. Terlebih lagi, karena pemimpin pembelajaran lebih terintegrasi dengan kolega, mereka dapat menciptakan lingkungan kolegial di mana para pengajar percaya bahwa mereka dapat saling belajar satu sama lain.

“Untuk Omaha Public School, mentransformasi platform data adalah tentang mentransformasi pengajaran dan pembelajaran dengan membina pengajar untuk menjadi pendidik yang lebih baik serta memunculkan teknologi instruksional terbaik.” Studi Kasus Microsoft

 

Rekomendasi OECD

1. Definisikan ulang tanggung jawab kepemimpinan sekolah. Dengan otonomi untuk membuat keputusan sendiri, pimpinan sekolah dapat membuat perbedaan nyata di sekolah dan dalam kinerja siswa. Namun, pemberian otonomi tidak otomatis mengarah pada perbaikan. Pemimpin harus didukung dengan baik, dengan tanggung jawab inti mereka didefinisikan secara jelas melalui pemahaman praktik yang paling mungkin meningkatkan pengajaran dan pembelajaran.

2. Distribusikan kepemimpinan sekolah. Tanggung jawab dan pertanggungjawaban kepemimpinan sekolah yang meningkat menciptakan kebutuhan bahwa kepemimpinan tersebut didistribusikan secara lebih baik di dalam dan di antara sekolah-sekolah. Permasalahannya, sementara tanggung jawab manajemen menengah dianggap penting untuk kepemimpinan sekolah yang efektif, praktik ini sering benar-benar tidak jelas; atau mereka yang terlibat kurang kompeten bagi tugas mereka. Saatnya memperluas konsep kepemimpinan sekolah dan menyesuaikan kebijakan serta kondisi kerja yang sesuai.

3. Kembangkan keterampilan untuk kepemimpinan sekolah yang efektif. Pimpinan sekolah membutuhkan pelatihan khusus untuk menanggapi tanggung jawab mereka yang semakin meningkat dan membantu meningkatkan pencapaian sekolah. Strategi harus mencakup memperlakukan pengembangan kepemimpinan sebagai suatu kontinum, memastikannya diberikan secara konsisten, dan memastikannya memiliki tingkat keragaman yang sesuai.

4. Jadikan kepemimpinan sekolah sebagai profesi yang menarik. Calon pelamar digentarkan oleh beban berat kepala sekolah dan fakta bahwa pekerjaan itu tampaknya tidak dihargai atau didukung secara memadai. Prosedur rekrutmen dan prospek pengembangan karier yang jelas bagi kepala sekolah juga dapat menggentarkan calon kandidat.

5. Berdayakan pengajar untuk menjadi “pemimpin pembelajaran”. Karena sekolah-sekolah di seluruh dunia cenderung mengalami otonomi dan desentralisasi yang meningkat selama beberapa dekade trakhir, para kepala sekolah ditekan untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar. Salah satu tanggung jawab utama yang muncul adalah menggordinasikan strategi berbasis sekolah dan ruang kelas untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran. Jenis kepemimpinan instruksional ini memperoleh pengaruh pada tahun 1970-an dan 1980-an, tetapi kegunaannya kini dipertanyakan oleh beberapa penelitian yang lebih baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Integrasi TIK Dalam Kurikulum Sebagai Tantangan Era Digital

Pengembangan kurikulum dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah ilmu dan teknologi dan oleh karenanya harus mampu menjawab tantangan pendidikan di era digital abad ke-21 ini. Apalagi sepuluh tahun terakhir dunia pendidikan kita khususnya dalam bidang teknologi pembelajaran dihadapkan oleh berbagai tantangan terkait dengan peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Radikalisme TIK menuntut perubahan paradigma pembelajaran yang terpusat pada guru berubah ke pola pembelajaran yang menumbuhkan kreatifitas dan kemandirian siswa merupakan suatu tuntutan. Penggunaan TIK dalam proses belajar mengajar memungkinkan proses pendidikan yang lebih interaktif dan membekali siawa dengan kemandirian yang dibutuhkan di era digital ini, yaitu ICT literacy, kemampuan berkolaborasi, kemampuan berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis dan problem solver.  Dengan ditunjang semakin murah, mudah, dan cepatnya akses internet bukan alasan lagi jika guru mulai mengintegrasikan TIK ...

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me...

Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari Tahun ke Tahun

🎯Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari tahun ke tahun🎯 1. Kumpulan Soal UN Asli 2019 Semua Mapel https://bit.ly/2Z0rHza 2. Prediksi Soal UNBK Kimia https://bit.ly/2N3WULN 3. Soal asli USBN Kimia 2019 KTSP dan K13 https://bit.ly/2GYI8ly 4. Kumpulan Soal dan Kunci Pra UN 2019 Semua Mapel IPA IPS https://bit.ly/2MVroiW 5. Kumpulan Soal UN Asli Bahasa Indonesia 9 Tahun terakhir (2010-2018) https://bit.ly/2GYIfxu 6. Soal TO UN Kimia https://bit.ly/2YQtiYv 7. Soal Asli UN Kimia 2018 Tipe A https://bit.ly/2KsUDrq 8. Soal Asli UN kimia 2018 type Bisa https://bit.ly/2KCoVac 9. Soal Asli UN ekonomi 2018 https://bit.ly/2MbwqrV 10. Soal Asli UN Sosiologi 2018 https://bit.ly/31FTWkH 11. Soal Asli UN Matematika IPS 2018 https://bit.ly/2YLZH3j 12. Soal Asli UN Matematika IPA 2018 https://bit.ly/2yQOBdN 13. Soal Asli UN Bahasa Inggris 2018 https://bit.ly/2z2RHeZ 14. Soal Asli UN Fisika 2018 https://bit.ly/2H0vFOl 15. Soal Asli UN Biologi 2018 https://bit.ly/2ZPBs0d 16....