Langsung ke konten utama

KEPEMIMPINAN SEKOLAH


 

Ciptakan pemimpin pembelajaran

Fullan mengkritik gagasan bahwa kepala sekolah harus berfokus pada kepemimpinan instruksional, mencatat bahwa untuk itu kepala sekolah harus sepenuhnya menguasai pengetahuan, dan bahkan terlibat sebagian, dalam pengajaran, yang mana hal tersebut dapat mengarah pada manajemen mikro, DuFour dan Marzano sama-sama menemukan bahwa “menghabiskan waktu untuk membangun kapasitas pengajar dalam kerja sama tim jauh lebih baik daripada menghabiskan waktu untuk mengamati pengajar secara perorangan.” Dengan kata lain, jauh lebih efektif membangun kapasitas seorang pengajar untuk memimpin, daripada menarik kepala sekolah ke dalam pengajaran.

Hattie menyebutkan peran baru ini “pemimpin pembelajaran”. Dia menjelaskan bahwa sementara para pemimpin pembelajaran menekankan bagaimana informasi diajarkan dan bagaimana kita tahu, informasi itu diajarkan dengan baik. Terlebih lagi, karena pemimpin pembelajaran lebih terintegrasi dengan kolega, mereka dapat menciptakan lingkungan kolegial di mana para pengajar percaya bahwa mereka dapat saling belajar satu sama lain.

“Untuk Omaha Public School, mentransformasi platform data adalah tentang mentransformasi pengajaran dan pembelajaran dengan membina pengajar untuk menjadi pendidik yang lebih baik serta memunculkan teknologi instruksional terbaik.” Studi Kasus Microsoft

 

Rekomendasi OECD

1. Definisikan ulang tanggung jawab kepemimpinan sekolah. Dengan otonomi untuk membuat keputusan sendiri, pimpinan sekolah dapat membuat perbedaan nyata di sekolah dan dalam kinerja siswa. Namun, pemberian otonomi tidak otomatis mengarah pada perbaikan. Pemimpin harus didukung dengan baik, dengan tanggung jawab inti mereka didefinisikan secara jelas melalui pemahaman praktik yang paling mungkin meningkatkan pengajaran dan pembelajaran.

2. Distribusikan kepemimpinan sekolah. Tanggung jawab dan pertanggungjawaban kepemimpinan sekolah yang meningkat menciptakan kebutuhan bahwa kepemimpinan tersebut didistribusikan secara lebih baik di dalam dan di antara sekolah-sekolah. Permasalahannya, sementara tanggung jawab manajemen menengah dianggap penting untuk kepemimpinan sekolah yang efektif, praktik ini sering benar-benar tidak jelas; atau mereka yang terlibat kurang kompeten bagi tugas mereka. Saatnya memperluas konsep kepemimpinan sekolah dan menyesuaikan kebijakan serta kondisi kerja yang sesuai.

3. Kembangkan keterampilan untuk kepemimpinan sekolah yang efektif. Pimpinan sekolah membutuhkan pelatihan khusus untuk menanggapi tanggung jawab mereka yang semakin meningkat dan membantu meningkatkan pencapaian sekolah. Strategi harus mencakup memperlakukan pengembangan kepemimpinan sebagai suatu kontinum, memastikannya diberikan secara konsisten, dan memastikannya memiliki tingkat keragaman yang sesuai.

4. Jadikan kepemimpinan sekolah sebagai profesi yang menarik. Calon pelamar digentarkan oleh beban berat kepala sekolah dan fakta bahwa pekerjaan itu tampaknya tidak dihargai atau didukung secara memadai. Prosedur rekrutmen dan prospek pengembangan karier yang jelas bagi kepala sekolah juga dapat menggentarkan calon kandidat.

5. Berdayakan pengajar untuk menjadi “pemimpin pembelajaran”. Karena sekolah-sekolah di seluruh dunia cenderung mengalami otonomi dan desentralisasi yang meningkat selama beberapa dekade trakhir, para kepala sekolah ditekan untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar. Salah satu tanggung jawab utama yang muncul adalah menggordinasikan strategi berbasis sekolah dan ruang kelas untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran. Jenis kepemimpinan instruksional ini memperoleh pengaruh pada tahun 1970-an dan 1980-an, tetapi kegunaannya kini dipertanyakan oleh beberapa penelitian yang lebih baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me

KANVAS STRATEGI MERDEKA BELAJAR

Kanvas Strategi Merdeka Belajar Upaya merancang strategi pengajaran seringkali disimplifikasi sekedar mengisi format silabus atau RPP. Guru tidak dibekali cara berpikir desain yang menjadi dasar dalam mendesain strategi pengajaran apa pun. Padahal tugas membuat rancangan belajar adalah salah satu tugas yang paling menantang bagi guru. Terkesan abstrak, kompleks karena hubungan satu sama lain, dan tidak mudah diprediksi. Dengan tuntutan yang tinggi dan waktu terbatas, guru seringkali menduplikasi desain strategi pengajaran dari orang lain. Strategi pengajaran adalah perangkat utama bagi profesi guru. Kemampuan mendesain strategi pengajaran pada guru setara dengan kemampuan membuat resep atau intervensi pada dokter. Tanggung jawab profesi guru bermula dan terutama pada strategi pengajaran yang digunakan. Dalam kesempatan ini, Kampus Guru Cikal memperkenalkan sebuah alat bantu sederhana yang disebut sebagai Kanvas Strategi Merdeka Belajar. Kanvas ini bukan format silabus atau RPP

Download Buku K13 Semester 2 Revisi 2018

Buku Guru Kelas 6 Semester 2 https://goo.gl/nrHZWL Buku Guru Kelas 5 Semester 2 https://goo.gl/7AwsPS Buku Guru Kelas 4 Semester 2 https://goo.gl/DFKRZq Buku Guru Kelas 3 Semester 2 goo.gl/3BJa83 Buku Guru Kelas 2 Semester 2 goo.gl/VvhNCr Buku Guru Kelas 1 Semester 2 goo.gl/YuVReb Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 goo.gl/6HsFyr Buku Siswa Kelas 5 Semester 2 goo.gl/W2u3tc Buku Siswa Kelas 4 Semester 2 goo.gl/HYsvJi Buku Siswa Kelas 3 Semester 2 goo.gl/kwrd7g Buku Siswa Kelas 2 Semester 2 goo.gl/RtK1W6 Buku Siswa Kelas 1 Semester 2 goo.gl/d3fiFm