Langsung ke konten utama

REVOLUSI SOSIAL MELALUI DIGITAL, BUKAN REVOLUSI DIGITAL MELALUI TEKNOLOGI



 Menurut John Hattie, revolusi digital telah berlangsung selama 50 tahun. Ada lebih dari 150 meta-analisis (hampir 20.000 penelitian) yang berkaitan dengan teknologi digital dan prestasi peserta didik, dan ukuran efek rata-rata (d = 34) hampir tidak berubah meskipun ada kemajuan besar.

Pertanyaan utamanya adalah mengapa ada begitu banyak janji tapi sedikit saja yang terpenuhi. Mungkin itu dikarenakan pengajar masih menggunakan model “tell and practice (jelaskan dan latih)”, yang telah bekerja dengan sangat baik selama 150 tahun, dan TIK dapat sebaik-baiknya melengkapi metode ini.

 

Apakah kita melewatkan poinnya?

Namun, hal tersebut melewatkan revolusi besar yang telah berlangsung; pengajar adalah pengguna besar TIK dalam perencanaan, pelaporan, penelitian, dan penggalian gagasan dari satu sama lain. Misalnya, situs Austalian Institute for Teaching and School Leadership (AITLS www.aitls.org) kami mendapat jutaan klik oleh para pendidik setiap tahunnya, unduhan aplikasi, podcats, dan video pun sangat besar, dan permintaan untuk berinteraksi dengan orang lain melalui situs terus mengalir. Kami telah membangun komunitas pendidik nasional melalui TIK.

Demikian pula, di ruang kelas, peserta didik adalah pengguna yang sangat besar, dan ketika kami melepaskan kekuatan media sosial di dalam kelas (tanpa kelemahan) kami dapat menciptakan komunitas pembelajar di luar dinding kelas.

Selain itu, peserta didik dapat mendiskusikan apa saja yang tidak mereka tahu; dan memprioritaskan pada melihat kesalahan sebagai peluang untuk belajar karena banyak orang yang siap mendiskusikan kesalahan melalui media sosial tetapi tidak di depan orang lain.

Saya menyaksikan seorang pengajar mengajukan pertanyaan kepada seorang remaja tentang tugasnya, dan dia menjawab, “Saya mengerti.” Namun saya lalu melihat si peserta didik bertanya kepada sang pengajar tentang apa yang tidak dia mengerti melalui sebuah aplikasi media sosial, sementara pengajar tersebut berdiri di sampingnya. Media sosial memiliki kekuatan untuk memberikan hak istimewa bagi kesalahan, kesalahpahaman, dan pembelajaran seputar hal-hal yang tidak dimengerti.

 

Inikah saatnya memikirkan ulang?

Mungkin kita tidak perlu mencari solusi TIK berikutnya sebagai solusi pengajaran, melainkan mencari cara untuk mengembangkan pengajar dan peserta didik dengan orang lain guna mendorong solusi pembelajaran. Kita perlu mencari cara untuk menyediakan sumber daya yang berkaitan dengan pelaporan kemajuan yang sangat baik, menyatukan pendidik dan peserta didik secara kolektif untuk merencanakan, mengevaluasi dampak, serta membahas apa arti dampak. Ini bisa menjadi revolusi sosial melalui digital, bukan revolusi digital melalui teknologi.

 

John Hattie seorang Laureate Professor dan Wakil Dekan pada Melbourne Graduate School of Education (MGSE). Dia juga memegang posisi sebagai Direktur pada Melbourne Education Research Institute Chair, Dewan Australian Institute for Teaching and School Leadership, dan Associate Director pada ARC-SRI: Science of Learning Research.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Integrasi TIK Dalam Kurikulum Sebagai Tantangan Era Digital

Pengembangan kurikulum dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah ilmu dan teknologi dan oleh karenanya harus mampu menjawab tantangan pendidikan di era digital abad ke-21 ini. Apalagi sepuluh tahun terakhir dunia pendidikan kita khususnya dalam bidang teknologi pembelajaran dihadapkan oleh berbagai tantangan terkait dengan peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Radikalisme TIK menuntut perubahan paradigma pembelajaran yang terpusat pada guru berubah ke pola pembelajaran yang menumbuhkan kreatifitas dan kemandirian siswa merupakan suatu tuntutan. Penggunaan TIK dalam proses belajar mengajar memungkinkan proses pendidikan yang lebih interaktif dan membekali siawa dengan kemandirian yang dibutuhkan di era digital ini, yaitu ICT literacy, kemampuan berkolaborasi, kemampuan berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis dan problem solver.  Dengan ditunjang semakin murah, mudah, dan cepatnya akses internet bukan alasan lagi jika guru mulai mengintegrasikan TIK ...

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me...

Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari Tahun ke Tahun

🎯Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari tahun ke tahun🎯 1. Kumpulan Soal UN Asli 2019 Semua Mapel https://bit.ly/2Z0rHza 2. Prediksi Soal UNBK Kimia https://bit.ly/2N3WULN 3. Soal asli USBN Kimia 2019 KTSP dan K13 https://bit.ly/2GYI8ly 4. Kumpulan Soal dan Kunci Pra UN 2019 Semua Mapel IPA IPS https://bit.ly/2MVroiW 5. Kumpulan Soal UN Asli Bahasa Indonesia 9 Tahun terakhir (2010-2018) https://bit.ly/2GYIfxu 6. Soal TO UN Kimia https://bit.ly/2YQtiYv 7. Soal Asli UN Kimia 2018 Tipe A https://bit.ly/2KsUDrq 8. Soal Asli UN kimia 2018 type Bisa https://bit.ly/2KCoVac 9. Soal Asli UN ekonomi 2018 https://bit.ly/2MbwqrV 10. Soal Asli UN Sosiologi 2018 https://bit.ly/31FTWkH 11. Soal Asli UN Matematika IPS 2018 https://bit.ly/2YLZH3j 12. Soal Asli UN Matematika IPA 2018 https://bit.ly/2yQOBdN 13. Soal Asli UN Bahasa Inggris 2018 https://bit.ly/2z2RHeZ 14. Soal Asli UN Fisika 2018 https://bit.ly/2H0vFOl 15. Soal Asli UN Biologi 2018 https://bit.ly/2ZPBs0d 16....