Langsung ke konten utama

PENGAJARAN DAN KEPEMIMPINAN (Bagian 1)



 Memberdayakan pengajar untuk merangkul perubahan dengan penuh percaya diri dan secara positif biasanya merupakan perhatian utama dari sebuah institusi. Ketika pengajar diberi perhatian, pengembangan, dan dukungan untuk menjadi pemimpin, hasil pun meningkat dalam segala aspek. Peserta didik lebih bbaik. Sekolah meningkatkan kedudukan mereka. Sedangkan pengajar dapat menikmati perkembangan dan penghargaan dalam pekerjaan sulit yang layak mendapat lebih banyak rasa hormat.

Pengajar itu penting. Karya terobosan John Hattie, seri Visible Learning, yakni meta-analisis terbesar yang pernah ada mengenai faktor-faktor yang memengaruhi hasil pendidikan, mengungkapkan bahwa lima pengaruh terkuat terhadap prestasi peserta didik melibatkan pengajar.

Mulai dari memahami dampak perilaku mereka pada prestasi peserta didik, hingga meningkatkan strategi efikasi dan pengajaran, jelas kita harus mendukung, mengembangkan, dan memberdayakan para pengajar kita jika kita ingin memastikan yang terbaik bagi peserta didik kita. Yang terpenting, kita perlu menemukan cara untuk mengungkapkan potensi dalam diri setiap anak, sehingga estimasi pengajar terhadap prestasi peserta didik tidak terlalu berpengaruh pada keberhasilan peserta didik. Analitik data dapat mengungkapkan kemampuan peserta didik pada tingkat yang jauh lebih rinci dan ini sesuai dengan janji pendekatan pembelajaran yang benar-benar dipersonalisasi. Namun, pengembangan profesional yang sedang berlangsung dalam cara menerapkan teknologi dan strategi baru ini adalah kuncinya.

Sayangnya, kondisi pelatihan pengajar dan kepemimpinan terlihat kurang bagus. Hanya sedikit pengajar yang melaporkan pembelajaran profesional sebagai bermanfaat. Namun, ketika pembelajaran profesional dilakukan dengan baik, hal itu dapat meningkatkan pembelajaran peserta didik secara signifikan. Jadi, bagaimana sekolah dapat memastikan mereka melakukannya dengan benar? Sekali lagi, kita melihat apa saja yang berhasil dan tidak berhasil, serta apa saja yang layak dilakukan.

 

Penghormatan bagi pengajar

Di Finlandia, pengajaran dianggap sangat penting bagi keberhasilan negara tersebut sehingga semua guru sekolah dasar dan menengah difasilitasi untuk meraih gelar master selama lima tahun. Para pengajar Finlandia juga sebagian besar bebas dari inspeksi, pengujian terstandar, dan kontrol pemerintah.

Pendidikan guru di Finlandia juga sangat berbasis penelitian, dengan samua mahasiswa pada program master sekolah dasar terlibat dalam penelitian. Alhasil, para pengajar Finlandia telah mempertahankan negara tersebut tetap berada di dekat puncak peringkat kinerja PISA yang berpengaruh sejak pertama kali diterbitkan pada 2001.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me

KANVAS STRATEGI MERDEKA BELAJAR

Kanvas Strategi Merdeka Belajar Upaya merancang strategi pengajaran seringkali disimplifikasi sekedar mengisi format silabus atau RPP. Guru tidak dibekali cara berpikir desain yang menjadi dasar dalam mendesain strategi pengajaran apa pun. Padahal tugas membuat rancangan belajar adalah salah satu tugas yang paling menantang bagi guru. Terkesan abstrak, kompleks karena hubungan satu sama lain, dan tidak mudah diprediksi. Dengan tuntutan yang tinggi dan waktu terbatas, guru seringkali menduplikasi desain strategi pengajaran dari orang lain. Strategi pengajaran adalah perangkat utama bagi profesi guru. Kemampuan mendesain strategi pengajaran pada guru setara dengan kemampuan membuat resep atau intervensi pada dokter. Tanggung jawab profesi guru bermula dan terutama pada strategi pengajaran yang digunakan. Dalam kesempatan ini, Kampus Guru Cikal memperkenalkan sebuah alat bantu sederhana yang disebut sebagai Kanvas Strategi Merdeka Belajar. Kanvas ini bukan format silabus atau RPP

Download Buku K13 Semester 2 Revisi 2018

Buku Guru Kelas 6 Semester 2 https://goo.gl/nrHZWL Buku Guru Kelas 5 Semester 2 https://goo.gl/7AwsPS Buku Guru Kelas 4 Semester 2 https://goo.gl/DFKRZq Buku Guru Kelas 3 Semester 2 goo.gl/3BJa83 Buku Guru Kelas 2 Semester 2 goo.gl/VvhNCr Buku Guru Kelas 1 Semester 2 goo.gl/YuVReb Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 goo.gl/6HsFyr Buku Siswa Kelas 5 Semester 2 goo.gl/W2u3tc Buku Siswa Kelas 4 Semester 2 goo.gl/HYsvJi Buku Siswa Kelas 3 Semester 2 goo.gl/kwrd7g Buku Siswa Kelas 2 Semester 2 goo.gl/RtK1W6 Buku Siswa Kelas 1 Semester 2 goo.gl/d3fiFm