Memberdayakan pengajar untuk merangkul perubahan dengan penuh percaya diri dan secara positif biasanya merupakan perhatian utama dari sebuah institusi. Ketika pengajar diberi perhatian, pengembangan, dan dukungan untuk menjadi pemimpin, hasil pun meningkat dalam segala aspek. Peserta didik lebih bbaik. Sekolah meningkatkan kedudukan mereka. Sedangkan pengajar dapat menikmati perkembangan dan penghargaan dalam pekerjaan sulit yang layak mendapat lebih banyak rasa hormat.
Pengajar itu penting. Karya terobosan John Hattie, seri Visible Learning, yakni meta-analisis terbesar yang pernah ada mengenai faktor-faktor yang memengaruhi hasil pendidikan, mengungkapkan bahwa lima pengaruh terkuat terhadap prestasi peserta didik melibatkan pengajar.
Mulai dari memahami dampak perilaku mereka pada prestasi peserta didik, hingga meningkatkan strategi efikasi dan pengajaran, jelas kita harus mendukung, mengembangkan, dan memberdayakan para pengajar kita jika kita ingin memastikan yang terbaik bagi peserta didik kita. Yang terpenting, kita perlu menemukan cara untuk mengungkapkan potensi dalam diri setiap anak, sehingga estimasi pengajar terhadap prestasi peserta didik tidak terlalu berpengaruh pada keberhasilan peserta didik. Analitik data dapat mengungkapkan kemampuan peserta didik pada tingkat yang jauh lebih rinci dan ini sesuai dengan janji pendekatan pembelajaran yang benar-benar dipersonalisasi. Namun, pengembangan profesional yang sedang berlangsung dalam cara menerapkan teknologi dan strategi baru ini adalah kuncinya.
Sayangnya, kondisi pelatihan pengajar dan kepemimpinan terlihat kurang bagus. Hanya sedikit pengajar yang melaporkan pembelajaran profesional sebagai bermanfaat. Namun, ketika pembelajaran profesional dilakukan dengan baik, hal itu dapat meningkatkan pembelajaran peserta didik secara signifikan. Jadi, bagaimana sekolah dapat memastikan mereka melakukannya dengan benar? Sekali lagi, kita melihat apa saja yang berhasil dan tidak berhasil, serta apa saja yang layak dilakukan.
Penghormatan bagi pengajar
Di Finlandia, pengajaran dianggap sangat penting bagi keberhasilan negara tersebut sehingga semua guru sekolah dasar dan menengah difasilitasi untuk meraih gelar master selama lima tahun. Para pengajar Finlandia juga sebagian besar bebas dari inspeksi, pengujian terstandar, dan kontrol pemerintah.
Pendidikan guru di Finlandia juga sangat berbasis penelitian, dengan samua mahasiswa pada program master sekolah dasar terlibat dalam penelitian. Alhasil, para pengajar Finlandia telah mempertahankan negara tersebut tetap berada di dekat puncak peringkat kinerja PISA yang berpengaruh sejak pertama kali diterbitkan pada 2001.
Komentar
Posting Komentar