Efek Pygmalion
“Semua tergantung pada pendekatan Anda. Teknologi saja tidak akan menutup kesenjangan pencapaian antara si kaya dan si miskin, celah yang mengancam begitu banyak siswa minoritas kami. Namun ketika teknologi digunakan dengan benar, kami telah melihat hasil yang kuat.”
Pengawas Alberto M. Carvalho, Miami-Dade School, AS
Tetapkan harapan yang tinggi dengan parameter jelas
Menetapkan harapan yang tinggi dan jelas membantu mengarahkan setiap aspek transformasi digital. Untuk staf, ini melibatkan dialog dengan para pemangku kepentingan.
Untuk pengajar, menetapkan harapan membantu mereka memahami peserta didik dan menyesuaikan pengalaman pembelajaran yang membuat mereka tetap terlibat. Efek dari harapan pengajar, yang juga dikenal sebagai Efek Pygmalion, berarti bahwa ketika para pengajar berharap lebih banyak dari peserta didik, mereka bekerja lebih baik. Ini ditegaskan kembali oleh penelitian Hattie, yang menemukan bahwa faktor yang berdampak paling besar pada hasil belajar adalah estimasi pengajar itu sendiri terhadap prestasi peserta didik.
Sebaliknya juga demikian. Jika pengajar dan staf berharap lebih sedikit dengan memberi peserta didik teknologi terbatas, peserta didik akan melihat harapan rendah ini dan membuat pencapaian lebih sedikit.
Pertama kali diterapkan di pendidikan dalam sebuah studi 1968 yang kini terkenal oleh Robert Rosenthal dan Lenore Jacobson, Efek Pygmalion (ramalan swawujud) mengungkapkan bahwa jika para pengajar dituntun untuk berharap lebih banyak dari peserta didik, maka peserta didik akan memiliki kinerja yang lebih baik. Efek ini mencakup stereotip gender dan rasial.
Baru-baru ini, penelitian tersebut menginspirasi Proyek Harapan Guru oleh Peneliti Christine Rubie-Davies, yang menggunakan perekaman video untuk menunjukkan kepada para pengajar betapa umpan balik yang tidak disadari, misalnya mengernyit, mengangkat bahu, dan mengerutkan dahi, dapat begitu mematahkan semangat peserta didik. Rubie-Davies juga menemukan bahwa peserta didik yang diperlakukan dengan harapan lebih tinggi berkinerja lebih baik, dan rata-rata, menyelesaikan kursus tiga bulan lebih cepat daripada kelompok kontrol.
“Memberi anak-anak perangkat teknologi yang tidak memadai atau dikompromikan dapat menjadi pernyataan fisik yang kuat atas harapan yang rendah”. Sean Tierney, Microsoft
Komentar
Posting Komentar