Langsung ke konten utama

PROGRAM TRANSFORMASI: LANGKAH PENTING BAGI KESUKSESAN (Bagian 4)

 


Telitilah berbagai komponen perubahan yang terbukti

Dengan adanya visi dan kerangka kerja, penting untuk memperkuat transformasi digital Anda melalui penelitian. Tidak ada keraguan bahwa situasi berbeda-beda, jadi ada gunanya mencari studi kasus dan artikel yang diterbitkan tentang berbagai sekolah yang keadaannya serupa dengan sekolah Anda. Gabungkan penelitian yang berarti ke dalam pelaksanaan visi Anda, dan bersikaplah sangat kritis terhadap “bukti” apa pun yang menyebutkan keterlibatan sebagai manfaat utama.

 

Pahami benar-benar apa arti keterlibatan peserta didik, dan cara mengukurnya

Keterlibatan itu lebih dari sekadar kegembiraan atau perhatian yang meningkat. Ini baru sebagian contoh dari keterlibatan perilaku. Dengan kata lain, hanya karena peserta didik sangat terlibat dengan perangkat tidak berarti mereka terlibat dengan pembelajaran. Keterlibatan sejati membutuhkan keterlibatan emosional dan keterlibatan kognitif, serta keterlibatan perilaku. Ini dapat diukur dengan menggunakan kombinasi kuesioner diri siswa, laporan guru, dan data observasi yang paling tepat.

Dengan memahami berbagai komponen perubahan yang terbukti dan menekan antusiasme Anda dengan manajemen risiko, Anda dapat memastikan keamanan dan kesejahteraan peserta didik telah diutamakan.

 

Rencanakan strategi pendanaan Anda

Pertimbangkan berbagai opsi pendanaan yang tersedia untuk Anda, dan rencanakan prakarsa berkelanjutan yang membahas isu-isu penting seputar keadilan. Anda berkesempatan untuk mengatasi atau menetapkan sebuah pembagian pembelajaran bagi peserta didik Anda. Hampir setiap sistem publik di dunia menawarkan “pendidikan gratis”. Ini sering menimbulkan keengganan untuk meminta kontribusi terhadap teknologi. Namun, bukti global mengungkapkan bahwa salah satu kesalahan terbesar yang dapat dilakukan sistem sekolah adalah memberikan teknologi gratis kepada siswa. Ketika keluarga berkonttribusi, mereka merasa memiliki, ada lebih sedikit kerugian atau kerusakan, perangkat lebih terawat, dan ada lebih sedikit waktu henti.

 

Prinsip-prinsip pendanaan utama

1. Pendanaan harus memastikan semua peserta didik dapat berpartisipasi.

2. Pendanaan harus terstruktur untuk memastikan ia dapat berlanjut tanpa batasan.

3. Pendanaan perangkat harus didukung oleh komitmen bagi pengembangan profesional.

4. Setiap orang yang mendapat manfaat harus memberikan kontribusi.

5. Ketika peserta didik/keluarga berkontribusi, Anda mengalami:

Ø Rasa memiliki meningkat

Ø Kerugian/kerusakan berkurang

Ø Perawatan lebih baik

Ø Waktu-henti berkurang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me

KANVAS STRATEGI MERDEKA BELAJAR

Kanvas Strategi Merdeka Belajar Upaya merancang strategi pengajaran seringkali disimplifikasi sekedar mengisi format silabus atau RPP. Guru tidak dibekali cara berpikir desain yang menjadi dasar dalam mendesain strategi pengajaran apa pun. Padahal tugas membuat rancangan belajar adalah salah satu tugas yang paling menantang bagi guru. Terkesan abstrak, kompleks karena hubungan satu sama lain, dan tidak mudah diprediksi. Dengan tuntutan yang tinggi dan waktu terbatas, guru seringkali menduplikasi desain strategi pengajaran dari orang lain. Strategi pengajaran adalah perangkat utama bagi profesi guru. Kemampuan mendesain strategi pengajaran pada guru setara dengan kemampuan membuat resep atau intervensi pada dokter. Tanggung jawab profesi guru bermula dan terutama pada strategi pengajaran yang digunakan. Dalam kesempatan ini, Kampus Guru Cikal memperkenalkan sebuah alat bantu sederhana yang disebut sebagai Kanvas Strategi Merdeka Belajar. Kanvas ini bukan format silabus atau RPP

Download Buku K13 Semester 2 Revisi 2018

Buku Guru Kelas 6 Semester 2 https://goo.gl/nrHZWL Buku Guru Kelas 5 Semester 2 https://goo.gl/7AwsPS Buku Guru Kelas 4 Semester 2 https://goo.gl/DFKRZq Buku Guru Kelas 3 Semester 2 goo.gl/3BJa83 Buku Guru Kelas 2 Semester 2 goo.gl/VvhNCr Buku Guru Kelas 1 Semester 2 goo.gl/YuVReb Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 goo.gl/6HsFyr Buku Siswa Kelas 5 Semester 2 goo.gl/W2u3tc Buku Siswa Kelas 4 Semester 2 goo.gl/HYsvJi Buku Siswa Kelas 3 Semester 2 goo.gl/kwrd7g Buku Siswa Kelas 2 Semester 2 goo.gl/RtK1W6 Buku Siswa Kelas 1 Semester 2 goo.gl/d3fiFm