Langsung ke konten utama

SELAMAT DATANG DI REVOLUSI INDUSTRI KEEMPAT (Bagian 3)


 


Setiap ekonomi di dunia bergantung pada tenaga kerja yang diperlengkapi untuk dunia yang berubah dengan cepat. Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) menyatakan, “Pendidikan adalah sumber harapan terdalam kita, jadi kita harus menanam benihnya sekarang juga untuk meraih masa depan yang lebih baik pada esok hari”.

Dewasa ini, laju perubahan menghadirkan tantangan nyata bagi sistem pendidikan. Tidak satu pun negara ingin menelurkan peserta didik dengan keterampilan dan kualifikasi untuk pekerjaan yang mungkin sudah tidak ada lagi. Jadi fokus kita telah bergeser ke melengkapi kaum muda dengan keterampilan masa depan untuk berbagai pekerjaan yang kini belum ditemukan atau kemungkinan tidak akan teromotasi.

Untuk mencoba memahami apa yang akan terjadi, McKinsey Global Institute mengamati profesi-profesi yang paling cepat berkembang dan menganalisis apa saja keterampilan yang dituntut.

Dalam riset itu ditemukan bahwa mereka akan membutuhkan lebih banyak keterampilan kognitif, sosial, dan emosional. Singkat kata, peserta didik kita akan membutuhkan ketahanan untuk menavigasi dunia yang semakin dinamis. Mereka harus menjadi pemecah masalah kreatif yang mampu membayangkan ulang berbagai produk dan layanan seiring dengan kemajuan teknologi. Selain itu, mereka harus menjadi para wirausahawan terampil, dengan segenap keterampilan teknologi untuk membawa ide-ide mereka menuju keberhasilan secara cepat.

Untuk memastikan kaum muda saat ini memiliki keterampilan tersebut dan dapat dipekerjakan di dunia kerja masa depan, Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) 2016 mengamati: “Sistem pendidikan perlu beradaptasi untuk mempersiapkan para individu dalam menyambut perubahan pasar tenaga kerja. Pada saat yang sama, kemajuan TI baru-baru ini menawarkan berbagai cara baru dan berpotensi lebih mudah diakses untuk mengakses pendidikan”.

 

Masa depan cerah visi Daniel Pink untuk pendidikan yang berpusat pada peserta didik

Tujuan :  Sekolah membantu peserta didik mengidentifikasi dan mengejar tujuan unik mereka.

Efikasi Diri :  Sekolah membantu peserta didik mengembangkan motivasi, kemandirian, kesadaran diri, dan pengelolaan diri.

Pola Pikir Pertumbuhan :  Sekolah membantu peserta didik beralih dari sekadar menyerap pengetahuan ke menerapkan, meningkatkan, dan menginovasikan pengetahuan itu secara terus-menerus.

Alat Digital :  Sekolah membekali peserta didik dengan platform, perangkat lunak, perangkat, dan alat yang tepat untuk berhasil di dalam sebuah ekonomi digital.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me

KANVAS STRATEGI MERDEKA BELAJAR

Kanvas Strategi Merdeka Belajar Upaya merancang strategi pengajaran seringkali disimplifikasi sekedar mengisi format silabus atau RPP. Guru tidak dibekali cara berpikir desain yang menjadi dasar dalam mendesain strategi pengajaran apa pun. Padahal tugas membuat rancangan belajar adalah salah satu tugas yang paling menantang bagi guru. Terkesan abstrak, kompleks karena hubungan satu sama lain, dan tidak mudah diprediksi. Dengan tuntutan yang tinggi dan waktu terbatas, guru seringkali menduplikasi desain strategi pengajaran dari orang lain. Strategi pengajaran adalah perangkat utama bagi profesi guru. Kemampuan mendesain strategi pengajaran pada guru setara dengan kemampuan membuat resep atau intervensi pada dokter. Tanggung jawab profesi guru bermula dan terutama pada strategi pengajaran yang digunakan. Dalam kesempatan ini, Kampus Guru Cikal memperkenalkan sebuah alat bantu sederhana yang disebut sebagai Kanvas Strategi Merdeka Belajar. Kanvas ini bukan format silabus atau RPP

Download Buku K13 Semester 2 Revisi 2018

Buku Guru Kelas 6 Semester 2 https://goo.gl/nrHZWL Buku Guru Kelas 5 Semester 2 https://goo.gl/7AwsPS Buku Guru Kelas 4 Semester 2 https://goo.gl/DFKRZq Buku Guru Kelas 3 Semester 2 goo.gl/3BJa83 Buku Guru Kelas 2 Semester 2 goo.gl/VvhNCr Buku Guru Kelas 1 Semester 2 goo.gl/YuVReb Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 goo.gl/6HsFyr Buku Siswa Kelas 5 Semester 2 goo.gl/W2u3tc Buku Siswa Kelas 4 Semester 2 goo.gl/HYsvJi Buku Siswa Kelas 3 Semester 2 goo.gl/kwrd7g Buku Siswa Kelas 2 Semester 2 goo.gl/RtK1W6 Buku Siswa Kelas 1 Semester 2 goo.gl/d3fiFm