Langsung ke konten utama

MEMIMPIN PERUBAHAN


 

Transformasi pendidikan adalah proses perubahan manusia sebanyak perubahan digital. Peran seorang pemimpin dalam mendorong perubahan ini tidak dapat diremehkan. Mereka bertanggung jawab atas budaya, strategi, struktur, dan politik yang terlibat dalam perubahan.

Sebagian pengajar akan lebih terbuka untuk berpartisipasi dalam proses transformasi digital daripada pengajar yang lain. Pemimpin perlu cermat dalam mengidentifikasi dan mendukung para agen perubahan serta memberdayakan mereka untuk memimpin orang-orang yang tertinggal di belakang. Ini merupakan tantangan besar dan berkelanjutan. Penting untuk mengenali mereka yang merasa diancam atau dipaksa dalam sebuah proses perubahan, dan mereka yang melihatnya sebagai sesuatu yang secara probadi terasa bermanfaat, menyenangkan, dan berharga.

 

Kenali dan berdayakan para pembuat perubahan

Kepemimpinan bukanlah gagasan mulia yang hanya diperuntukkan mendorong semangat para pengajar. Kepemimpinan memiliki efek nyata pada pencapaian para pemangku kepentingan. Kurva adopsi Difusi Inovasi dari Everett Roger dapat berguna dalam mengenali dengan siapa bekerja sama pertama kali.

1. Kenali kelompok fokus yang tepat untuk adopsi dan advokasi dini: Akan selalu ada sekitar 2,5 persen pengajar yang merupakan inovator. Mereka akan merangkul teknologi digital sejak dini, tetapi mungkin bukan model peran yang dapat diakses oleh mayoritas staf. Sekitar 13,5 persen akan menjadi pengguna awal yang bersedia untuk merangkul perubahan dan menerapkannya di seluruh konteks.

2. Gunakan “seleksi alam” untuk mengenali para pengguna awal: Inovator dan pengguna awal sering menjadi pihak yang pertama kali secara proaktif membuat pendekatan terhadap kepemimpinan dengan ide-ide baru ketika mendorong sebuah proses perubahan digital (atau tim-tim) ini dapat ditunjuk sebagai para agen perubahan untuk memotivasi orang lain agar merangkul transformasi serta memimpin melalui keteladanan.

3. Pertimbangkan “sistem teman”: Mereka yang skeptis dapat dipasangkan dengan para kolega yang aman dan mudah diakses, yang dapat membimbing mereka melalui proses perubahan. Ini dapat mengimbuhkan konteks dan makna pada manfaat transformasi yang mungkin secara probadi tidak tampak relevan di permukaan. Ini juga dapat memberi peluang bagi pengguna awal untuk menyempurnakan, mempraktikkan, dan meningkatkan kemampuan mereka sendiri.

4. Tetapkan sasaran yang jelas dan mudah dimengerti: Para pemimpin besar menghabiskan banyak waktu untuk mengomunikasikan dampak, alasan, dan kebutuhan akan transformasi digital. Kami telah merinci banyak contoh terdahulu dalam sumber daya ini. Selain itu, mereka harus menetapkan sasaran yang jelas dan dapat dicapai, yang secara konsisten terikat pada pesan-pesan ini.

Kurva dopsi inovasi: 2,5% inovator; 13,5% pengguna awal; 34% pengguna mayoritas awal; 34% pengguna mayoritas akhir; 16% yang tertinggal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Integrasi TIK Dalam Kurikulum Sebagai Tantangan Era Digital

Pengembangan kurikulum dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah ilmu dan teknologi dan oleh karenanya harus mampu menjawab tantangan pendidikan di era digital abad ke-21 ini. Apalagi sepuluh tahun terakhir dunia pendidikan kita khususnya dalam bidang teknologi pembelajaran dihadapkan oleh berbagai tantangan terkait dengan peran teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Radikalisme TIK menuntut perubahan paradigma pembelajaran yang terpusat pada guru berubah ke pola pembelajaran yang menumbuhkan kreatifitas dan kemandirian siswa merupakan suatu tuntutan. Penggunaan TIK dalam proses belajar mengajar memungkinkan proses pendidikan yang lebih interaktif dan membekali siawa dengan kemandirian yang dibutuhkan di era digital ini, yaitu ICT literacy, kemampuan berkolaborasi, kemampuan berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis dan problem solver.  Dengan ditunjang semakin murah, mudah, dan cepatnya akses internet bukan alasan lagi jika guru mulai mengintegrasikan TIK ...

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me...

Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari Tahun ke Tahun

🎯Kumpulan Soal UN Asli dan TO dari tahun ke tahun🎯 1. Kumpulan Soal UN Asli 2019 Semua Mapel https://bit.ly/2Z0rHza 2. Prediksi Soal UNBK Kimia https://bit.ly/2N3WULN 3. Soal asli USBN Kimia 2019 KTSP dan K13 https://bit.ly/2GYI8ly 4. Kumpulan Soal dan Kunci Pra UN 2019 Semua Mapel IPA IPS https://bit.ly/2MVroiW 5. Kumpulan Soal UN Asli Bahasa Indonesia 9 Tahun terakhir (2010-2018) https://bit.ly/2GYIfxu 6. Soal TO UN Kimia https://bit.ly/2YQtiYv 7. Soal Asli UN Kimia 2018 Tipe A https://bit.ly/2KsUDrq 8. Soal Asli UN kimia 2018 type Bisa https://bit.ly/2KCoVac 9. Soal Asli UN ekonomi 2018 https://bit.ly/2MbwqrV 10. Soal Asli UN Sosiologi 2018 https://bit.ly/31FTWkH 11. Soal Asli UN Matematika IPS 2018 https://bit.ly/2YLZH3j 12. Soal Asli UN Matematika IPA 2018 https://bit.ly/2yQOBdN 13. Soal Asli UN Bahasa Inggris 2018 https://bit.ly/2z2RHeZ 14. Soal Asli UN Fisika 2018 https://bit.ly/2H0vFOl 15. Soal Asli UN Biologi 2018 https://bit.ly/2ZPBs0d 16....