Langsung ke konten utama

Jelajah Alam Untuk Pendidikan


Sebagai sebuah pendekatan, belajar melalui Jelajah Alam Sekitar (JAS) memanfaatkan alam sekitar peserta didik baik lingkungan fisik, sosial, budaya sebagai obyek belajar dengan mempelajari fenomenanya melalui karya ilmiah. Pendekatan ini menekankan pada kegiatan belajar yang dikaitkan dengan situasi dunia nyata. Selain dapat membuka wawasan berpikir yang beragam, hasil belajarnya kelak lebih berdaya guna bagi kehidupannya.

Menurut Ridlo (2005), ciri kegiatan pembelajaran dengan pendekatan penjelajahan alam sekitar adalah:

  1. Selalu dikaitkan dengan alam sekitar secara langsung maupun menggunakan media.
  2. Selalu ada kegiatan peramalan, pengamatan, dan penjelasan.
  3. Selalu ada laporan untuk dikomunikasikan baik secara lisan, tulisan, gambar, foto atau audiovisual.
Model pembelajaran yang dapat ditetapkan dalam kegiatan berpusat pada keaktifan siswa, lebih bermakna sosial, memanfaatkan multi resources dan assessment yang berbasis mastery learning. Di samping itu model belajar yang relevan dan dapat dilakukan dalam pembelajaran ini adalah pembelajaran kontekstual, pembelajaran kooperatif serta model belajar lain yang menuntut keaktifan siswa.

Pendekatan ini menekankan pada gaya dalam menyampaikan materi yang meliputi sifat, cakupan dan prosedur kegiatan yang eksploratif, memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik. Pendekatan belajar Jelajah Sekitar secara komprehensif memadukan berbagai pendekatan antara lain eksplorasi dan investigasi, konstruktivisme, keterampilan proses dengan cooperative learning.

Dalam mengimplementasikan sistem belajar, guru harus memahami prinsip-prinsip perkembangan anak, seperti yang dikemukakan NAEYC (Bredekamp and Copple, 1997) sebagai berikut: (a) Perkembangan berlangsung sebagai suatu keseluruhan meliputi aspek fisik, sosial, emosional, dan kognitif yang saling terjalin, (b) Perkembangan terjadi dalam suatu urutan yang relatif dapat diprediksi, (c) Perkembangan berlangsung dengan rentang yang bervariasi antar anak dan juga antar bidang perkembangan dari masing-masing fungsi, (d) Pengalaman awal memiliki pengaruh kumulatif dan tertunda terhadap perkembangan anak, (e) Perkembangan berlangsung dalam arah yang dapat diprediksi, yaitu ke arah kompleksitas, kekhususan, organisasi, dan pemahaman yang lebih meningkat, (f) Perkembangan dan belajar terjadi dalam dan dipengaruhi oleh konteks sosial budaya.

Prinsip-prinsip perkembangan anak yang lain: (a) Anak adalah pebelajar afktif. Mereka mengambil pengalaman fisik, sosial, dan pengetahuan yang disampaikan untuk membangun pemahamannya tentang lingkungan sekitar, (b) Perkembangan dan belajar merupakan hasil interaksi kematangan biologis dan lingkungan yang mencakup fisik dan sosial, (c) Bermain merupakan suatu sarana penting bagi perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak, dan menggambarkan perkembangan anak, (d) Perkembangan dapat mengalami percepatan bila anak memiliki kesempatan untuk mempraktekkan keterampilan-keterampilan yang baru diperoleh, (e) Anak mendemonstrasikan kemampuan dasar untuk mengetahui dan belajar yang berbeda serta cara berbeda pula dalam memperlihatkan apa yang mereka tahu, (f) Anak berkembang dan belajar terbaik dalam suatu konteks komunitas yang menghargai, memenuhi kebutuhan-kebutuhan fisiknya, dan aman baik secara fisik maupun psikologis.

Dalam mengimplementasikan pendekatan JAS guru hendaknya juga memahami komponen-komponen pendekatan ini. Eksplorasi dalam arti pendekatan JAS seorang peserta didik diajak melakukan interaksi dengan fakta yang ada di lingkungan alam (sosial, budaya) sehingga menemukan pengalaman.

Konstruktivisme artinya pengetahuan sebagai proses pembentukan. Pengetahuan seseorang akan berkembang melalui interaksi dengan alam lingkungannya. Seseorang berinteraksi dengan lingkungannya melalui alat inderanya, melihat, mendengar, menyentuh, mencium dan merasakannya. Tidak semua pengetahuan dapat dipindahkan begitu saja dari otak seorang guru kepada siswa. Peserta didik sendiri yang harus mengartikan pelajaran yang disampaikan guru dengan menyesuaikan terhadap pengalaman-pengalaman mereka sebelumnya.

Edutainment artinya bahwa pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) dilaksanakan dalam suasana yang menyenangkan, tidak membosankan, sehingga peserta didik belajar dengan bergairah. Pembelajaran dilaksanakan terintegrasi, menggunakan berbagai sumber belajar. Pembelajaran JAS menekankan pada siswa aktif dan kritis, jadi pembelajaran berpusat pada siswa, dipandu oleh guru yang kreatif.


Pustaka :

Ridlo, S. 2005. Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Makalah Seminar dan Lokakarya Pengembangan Kurikulum dan Desain Inovasi Pembelajaran Jurusan Biologi FMIPA UNNES.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEBSITE PENYEDIA JURNAL ILMIAH UNTUK KARYA TULIS

Inilah Berbagai Website Penyedia Jurnal Ilmiah Untuk Karya Tulis Kamu . 1. jurnal.lipi.go.id Jurnal Online LIPI Udah pada tau LIPI kan? itu lho Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah tapi non kementerian. Koordinatornya adalah Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Kalau kamu mau cari jurnalnya tinggal kunjungi aja websitenya. Hampir semua jurnal gratis kok, atau malah gratis semua, Bahasa Indonesia juga. 2. e-resources.perpusnas.go.id Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ternyata juga menyediakan akses ke penyedia jurnal berbayar. Kalau kita ingin mengakses jurnal tersebut pertama kita harus daftar dulu di webnya Perpustakaan Nasional ini. Baru setelah itu kita bisa mengakses jurnal-jurnal yang udah disewa sama Perpustakaan Nasional. 3. doaj.org doaj.org - Directory of Open Access Journals Directory of Open Access Journals adalah sebuah website yang menyediakan fasilitas pencarian untuk link me

KANVAS STRATEGI MERDEKA BELAJAR

Kanvas Strategi Merdeka Belajar Upaya merancang strategi pengajaran seringkali disimplifikasi sekedar mengisi format silabus atau RPP. Guru tidak dibekali cara berpikir desain yang menjadi dasar dalam mendesain strategi pengajaran apa pun. Padahal tugas membuat rancangan belajar adalah salah satu tugas yang paling menantang bagi guru. Terkesan abstrak, kompleks karena hubungan satu sama lain, dan tidak mudah diprediksi. Dengan tuntutan yang tinggi dan waktu terbatas, guru seringkali menduplikasi desain strategi pengajaran dari orang lain. Strategi pengajaran adalah perangkat utama bagi profesi guru. Kemampuan mendesain strategi pengajaran pada guru setara dengan kemampuan membuat resep atau intervensi pada dokter. Tanggung jawab profesi guru bermula dan terutama pada strategi pengajaran yang digunakan. Dalam kesempatan ini, Kampus Guru Cikal memperkenalkan sebuah alat bantu sederhana yang disebut sebagai Kanvas Strategi Merdeka Belajar. Kanvas ini bukan format silabus atau RPP

Download Buku K13 Semester 2 Revisi 2018

Buku Guru Kelas 6 Semester 2 https://goo.gl/nrHZWL Buku Guru Kelas 5 Semester 2 https://goo.gl/7AwsPS Buku Guru Kelas 4 Semester 2 https://goo.gl/DFKRZq Buku Guru Kelas 3 Semester 2 goo.gl/3BJa83 Buku Guru Kelas 2 Semester 2 goo.gl/VvhNCr Buku Guru Kelas 1 Semester 2 goo.gl/YuVReb Buku Siswa Kelas 6 Semester 2 goo.gl/6HsFyr Buku Siswa Kelas 5 Semester 2 goo.gl/W2u3tc Buku Siswa Kelas 4 Semester 2 goo.gl/HYsvJi Buku Siswa Kelas 3 Semester 2 goo.gl/kwrd7g Buku Siswa Kelas 2 Semester 2 goo.gl/RtK1W6 Buku Siswa Kelas 1 Semester 2 goo.gl/d3fiFm